<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA"^^ . "NAFIATUN NADHIROH, Konsep Kecerdasan Interpersonal Howard\r\nGardner dan Penerapannya Melalui Metode Kooperatif Tipe Student Teams\r\nAchievement Divisions (STAD) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam\r\nKelas IX SMP PIRI 1 Yogyakarta, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan\r\nAgama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga\r\nYogyakarta, 2015.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah kurang efektifnya\r\npembelajaran PAI di SMP PIRI 1 Yogyakarta untuk meningkatkan kecerdasan\r\ninterpersonal siswa yang pada umumnya mereka belum mampu bersosialisasi\r\ndengan baik. Hal ini dibuktikan dengan temuan peneliti tentang siswa yang masih\r\nmenunjukkan sikap kurangnya rasa empati, kepekaan, kepemimpinan dan\r\nsosialisasi dengan teman-temannya maupun dengan gurunya. Selain itu, dalam\r\nproses pembelajaran PAI siswa cenderung kurang aktif sehingga kecerdasan\r\ninterpersonal rendah antar siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini\r\nadalah bagaimana pelaksanaan dan hasil uji coba konsep kecerdasan interpersonal\r\nHoward Gardner dan penerapannya melalui metode kooperatif tipe Student Teams\r\nAchievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas\r\nIX SMP PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui\r\npelaksanaan dan hasil uji coba konsep kecerdasan interpersonal howard gardner\r\ndan penerapannya melalui metode kooperatif tipe Student Teams Achievement\r\nDivisions (STAD) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX SMP\r\nPIRI 1 Yogyakarta\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan\r\ndalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen\r\nsemu (quasi eksperiment) yang menggunakan rancangan eksperimen pretestposttest\r\ncontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas\r\nIX SMP PIRI 1 Yogyakarta. Pengambilan sampel melalui sistem purposive\r\nsample, dengan jumlah sampling tiap kelas berjumlah 24 siswa untuk kelas\r\neksperimen dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan\r\ndengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data\r\nmeliputi uji t atau t-test.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan uji coba kecerdasan\r\ninterpersonal dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada\r\nkelas eksperimen sebanyak 5 kali pertemuan dan kemudian dibandingkan dengan\r\nkecerdasan interpersonal pada kelas kontrol. Hasil penghitungan uji-t pada kelas\r\neksperimen dengan nilai M = 129,5 dan SE = 3,683 , sedangkan pada kelas\r\nkontrol dengan nilai M = 103,5 dan SE = 4,314, maka t(46) = 22,456, p < 0,05, r =\r\n0,957. Hal ini membuktikan bahwa penggunaaan metode STAD dalam\r\npembelajaran PAI untuk siswa kelas IX mampu meningkatkan kecerdasan\r\ninterpersonal siswa."^^ . "2016-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410198"^^ . "NAFIATUN NADHIROH"^^ . "NIM. 11410198 NAFIATUN NADHIROH"^^ . . . . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "11410198_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #19772 \n\nKONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .