TY - THES N1 - Dr. Mahmud Arif, M.Ag. ID - digilib19774 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19774/ A1 - AHMAD BAROKAH, NIM. 11411007 Y1 - 2016/01/26/ N2 - Ahmad Barokah. Persepsi Santri Mengenai Etika Murid Terhadap Guru dalam Kitab Ta?lim Muta?alim dan Aktualisasinya di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini mempunyai latar belakang bahwa akhlak berperan penting dalam menjalin hubungan atau interaksi sesama manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Akhlak merupakan cerminan bagi manusia itu sendiri, sehingga akhlak sangat berperan penting. Dunia pendidikan mempunyai peran dalam masalah akhlak. Salah satu cerminan akhlak manusia di dunia pendidikan dapat diketahui, salah satunya dari interaksi antara guru dan murid. Hubungan guru dan murid merupakan hubungan ilmu pengetahuan yang setelah diberikan akan bersatu bersama si murid dan kedudukan guru sebagai pelaksana tugas orang tua. Hubungan tersebut ternyata terdapat di dalam sebuah kitab klasik yaitu kitab Ta?lim Muta?alim yang masih dipelajari di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede sampai sekarang. Hubungan guru dan murid yang terdapat di dalam kitab Ta?lim Muta?alim memiliki pembahasan khusus yaitu etika murid terhadap guru. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi santri mengenai etika murid terhadap guru dan bagaimana aktualisasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah warga Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede yang meliputi Guru/ustadz pengampu, guru mata pelajaran lain, dan santri kelas 2 Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Naturalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Persepsi siswa mengenai etika murid terhadap guru berbeda-beda. Persepsi siwa dapat digolongkan menjadi tiga yaitu setuju, tidak seutuju, dan setuju bersyarat. Siswa yang memberikan persepsi setuju lebih banyak dibandingkan dengan persepsi setuju bersyarat dan tidak setuju. Sementara siswa yang memberikan persepsi setuju bersyarat lebih banyak dibandingkan dengan persepsi yang tidak setuju. Sehingga pembelajaran kitab Ta?lim Muta?alim dianggap masih relevan untuk dipelajari. Kedua, Mengenai aktualisasinya, dapat digolongkan menjadi tiga yaitu adoptif , adaptif , dan menyimpang. Diketahui bahwa paling banyak siswa mengakutalisasikannya sesuai dengan teks di dalam kitab (adoptif). Dibandingkan dengan adaptif dan selanjutnya golongan yang menyimpang/tidak sesuai. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Persepsi KW - Aktualisasi. M1 - skripsi TI - PERSEPSI SANTRI MENGENAI ETIKA MURID TERHADAP GURU DALAM KITAB TA?LIM MUTA?ALIM DAN AKTUALISASINYA DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA AV - restricted ER -