TY - THES N1 - Dr. Musthofa, M.Si., ID - digilib19797 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19797/ A1 - HENDRIYANTO, NIM. 1120011004 Y1 - 2015/10/19/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap koleksi referensi dan kualitas layanan referensi Perpustakaan Bung Karno serta hubungan antara koleksi referensi dan kualitas layanan referensi dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan dengan bentuk studi lapangan melalui teknik survei. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik accidental sampling yaitu pemustaka yang berkunjung pada bagian layanan referensi di Perpustakaan Proklamator Bung Karno selama waktu penelitian diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Pengukuran variabel penelitian untuk mengetahui persepsi pemustaka atas variabel penelitian berdasarkan skala likert. Adapun teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif statistik dengan uji korelasi dan regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel penelitian. Hasil perolehan data mengenai persepsi pemustaka terhadap koleksi referensi Perpustakaan Bung Karno menunjukkan rata-rata skor jawaban sebesar 3,09 termasuk kriteria tinggi. Demikian juga dengan persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan referensi Perpustakaan Bung Karno diperoleh rata-rata skor jawaban sebesar 3,07 termasuk kriteria tinggi. Adapun kepuasan pemustaka diperoleh rata-rata skor jawaban sebesar 3,27 termasuk kriteria tinggi. Berdasarkan hasil uji statistik korelasi untuk mengetahui hubungan antara koleksi referensi dan kualitas layanan referensi Perpustakaan Proklamator Bung Karno menunjukkan hubungan positif yang signifikan yaitu nilai koefisien korelasi r sebesar 0,867 (> r tabel 0,195) dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Adapun hubungan antara koleksi referensi dan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno menunjukkan hubungan positif yang signifikan yaitu nilai koefisien korelasi r sebesar 0,864 (> r tabel 0,195) dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Demikian juga hubungan antara kualitas layanan referensi dan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno menunjukkan hubungan positif yang signifikan dengan nilai koefisien korelasi r sebesar sebesar 0,905 (> r tabel 0,195) dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0.05). Secara simultan (bersama-sama) hubungan antara koleksi referensi dan kualitas layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, berdasarkan hasil uji statistik regresi berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 263,542 (> dari F tabel 3,94) dengan taraf signikansi 0,000 (<0,05). Adapun kontribusi koleksi referensi dan kualitas layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka diperoleh koefisien determinan Adjusted R Square sebesar 0,845 atau 84,5 %. Sedangkan, sisanya yaitu sebesar 0,155 atau sebesar 15,5 % merupakan kontribusi faktor lain diluar variabel penelitian ini. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Koleksi Referensi KW - Kualitas Layanan Referensi dan Kepuasan Pemustaka M1 - masters TI - HUBUNGAN KOLEKSI REFERENSI DAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO (STUDI PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO BLITAR) AV - restricted EP - 160 ER -