eprintid: 1982 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/19/82 lastmod: 2012-05-04 16:41:54 status_changed: 2012-05-04 16:41:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ITA FARID MUSTAFA 03460517, title: PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN DENGAN PENDEKATAN MEDIA GAMBAR ( PICTORIAL RIDLLE) DI MTs N I SLEMAN ispublished: pub full_text_status: none keywords: Pictorial Riddle, Kreativitas note: Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui apakah efektifitas penggunaan pendekatan pictorial riddle melalui pertanyaan divergen di SMP, 2). Mengetahui peningkatan kreativitas belajar fisika menggunakan pendekatan ini, dan 3). Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran fisika menggunakan pendekatan ini. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research/ CAR) yang terdiri atas 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan menghitung rerata setiap aspek yang dinilai dan mengkonservasikan ke dalam kriteria kualitatif yang diacu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII E MTs N I Sleman yang berjumlah 33 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar fisika. Untuk proses belajar mengajar siswa ada 7 aspek yang memiliki kriteria baik yaitu aspek respon siswa saat menerima pelajaran, cara menjawab permasalahan, memberikan umpan balik atau tanggapan dalam pembelajaran, siswa mampu memperkuat pendapatnya, siswa mempunyai ide yang cemerlang, ketelitian dalam menggambar, dan siswa mampu bekerja secara mandiri dalam kelompoknya, sedangkan 1 aspek lagi memperoleh kriteria cukup yaitu siswa sering bertanya. Untuk keberhasilan produk pembelajaran fisika berupa rerata nilai tes pemahaman konsep yang mencapai 7, 5 pada tindakan III lebih besar dari tindakan I dan II yaitu 6, 5 dan 7. Kendala yang dihadapi melalui pendekatan ini antara lain : Siswa kurang aktif dalam bertanya dan kurang kondusif dalam berdiskusi, guru masih kurang dalam pengelolaan kelas dan penggunaan waktu belum efektif serta dalam proses pembelajaran siswa masih ramai sendiri ketika berdiskusi. Secara keseluruhan penelitian ini telah berhasil menunjukkan bahwa telah ada peningkatan kreativitas dalam pembelajaran fisika baik itu proses pembelajaran fisika maupun produk dari pembelajaran fisika. date: 2009-05-05 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-05 14:56:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--itafaridmu-1685-1-itafari-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/34/digilib-uinsuka--itafaridmu-1685-1-itafari-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2065 ; nama file lama : ITA FARID MUSTAFA 03460517 PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN DENGAN PENDEKATAN MEDIA GAMBAR ( PICTORIALM RIDLLE) DI MTs N I SLEMAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 978711 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-05 14:56:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--itafaridmu-1685-1-itafari-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/34/digilib-uinsuka--itafaridmu-1685-1-itafari-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2065 ; nama file lama : ITA FARID MUSTAFA 03460517 PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN DENGAN PENDEKATAN MEDIA GAMBAR ( PICTORIALM RIDLLE) DI MTs N I SLEMAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 978711 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ITA FARID MUSTAFA 03460517, (2009) PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN DENGAN PENDEKATAN MEDIA GAMBAR ( PICTORIAL RIDLLE) DI MTs N I SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.