<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB)"^^ . "Nabi Muhammad saw merupakan Nabi terakhir untuk umat manusia. Ia\r\nberdakwah kurang lebih selama 23 tahun, yang masing-masing di Mekkah dan\r\nMadinah. Di masa awal berdakwah secara sembunyi-sembunyi hingga Islam mulai\r\ndikenal masyarakat, baru berdakwah secara terang-terangan. Setelah melaewati masa\r\ndakwah yang berat, Nabi Muhammad menyampaikan keinginan untuk menunaikan\r\nhaji yang mabrur, itulah haji terakhir yang dilakukan Nabi. Pada saat haji dan sedang\r\nberkhutbah, Nabi Muhammad mendapatkan wahyu yakni ayat tiga dari surat Al-\r\nMāidah. Yang menjelaskan tentang perkara-perkara yang diharamkan dan pernyataan\r\nbahwa telah disempurnakannya agama. Tetapi kemudian banyak persoalan-persoalan\r\nyang baru. Timbul di dalam perkembangan agama Islam, yang mana persoalanpersoalan\r\ntersebut tidak ada atau tidak terjadi di zaman turunya wahyu, atau ketika\r\nzaman pembawa risalah (Rasulullah saw) masih hidup. Oleh karena itu muncul\r\npertanyaan makna kesempurnaan yang bagaimana yang dimaksud dalam surat Al-\r\nMāidah ayat tiga.\r\nAyat tiga dari surah Al-Māidah merupakan ayat yang mencakup dua variabel\r\nyang berbeda. Yakni tentang perkara-perkara yang di haramkan, dan tentang\r\nkesempurnaan agama. Inilah yang menjadi perhatian penulis untuk meneliti lebih jauh\r\nkandungan di dalamnya, serta mengungkap apa hubungan dari kedua variabel.\r\nPenelitian ini penulis lakukan dengan melihat pandangan dua mufassir yang masyhur\r\nakan tetapi beda zaman, yakni Ibnu Kasir dan M Quraish Shihab. Penulis\r\nmengomparasi antara Tafsir al-Qur'an al-Azim yang muncul pada abad pertengahan,\r\npada abad itu kental dengan kepentingan-kepentingan politik. dengan Tafsir Al-\r\nMisbah yang muncul pada era kontemporer, yang mana para mufassir mulai\r\nmemanfaatkan ilmu Modern. Seperti santra modern, hermeneutic, semantik, dan teori\r\nsains modern.\r\nDalam penafsiran ayat tiga surah Al-Māidah, Kedua mufassir sama-sama\r\nmengharamkan bangkai, darah yang mengalir, daging babi, hewan yang disembelih\r\natas nama selain Allah, tercekik, di pukul, jatuh, ditanduk, hewan yang tertikam\r\nbinatang buas, dan mengundi nasib dengan anak panah. Namun ada perbedaan dari\r\nkeduanya saat menafsirkan tentang daging babi, Ibnu Kasir menafsirkan mutlak\r\nbahwa apa saja yang ada dalam babi haram hukumnya. Sedangkan M. Quraish Shihab\r\nmembolehkan menggunakan sebagian anggota organ babi untuk manusia. Hal ini\r\nkarena Quraish Shihab hidup pada zaman Modern, yang bisa melihat kemanfaatan\r\ndari anggota organ babi. Sedangkan dalam metode penafsiran keduanya juga terlihat\r\nberbeda dalam penggunaan syair, Ibnu Kasir yang hidup di zaman pertengahan sangat\r\nkental dengan tradisi syairnya, sehingga Ia menggunakan syair dalam menafsirkan,\r\nsedangkan Quraish Shihab tidak menggunakannya.\r\nBerkaitan dengan penafsiran kesempurnaan agama. keduanya secara global\r\nterlihat sama, yakni agama Islam tidak membutuhkan tambahan hukum. Namun\r\nQuraish Shihab menjelaskan hubungan variabel pada ayat, yakni agama merupakan\r\nkesatuan. Baik yang berkaitan dengan kesatuan, baik yang berkaitan dengan\r\npandangan menyangkut ide dan keyakinan, yang menyangkut syiar-syiar dan ibadah,\r\nhalal dan haram. Semuanya itulah yang dinamakan agama."^^ . "2016-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11530035"^^ . "DIMAS AZIZ PURNAMA"^^ . "NIM. 11530035 DIMAS AZIZ PURNAMA"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Text)"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Text)"^^ . . . "11530035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH\r\n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19822 \n\nPENAFSIRAN AYAT TIGA SURAT AL-MĀIDAH \n(KOMPARASI PENAFSIRAN IBNU KASIR DAN M. QURAISH SHIHAB)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .