<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI)"^^ . "Asy’ariyyah merupakan salah satu aliran teologi yang banyak berkembang\r\ndi Nusantara. Hal ini dapat dilihat misalkan dalam organisasi Nahdlatul Ulama’\r\nyang menjadikan teologi Asy’ariyyah sebagai salah satu landasan dasar\r\nakidahnya. Wacana teologi Asy’ariyyah pada dasarnya telah ada jauh hari sebelum\r\norganisasi tersebut muncul sebab di abad ke 17 M sejarah mencatat bahwa\r\nterdapat dua tokoh besar Islam Nusantara yakni al-Raniri (w. 1658 M) dan al-\r\nMaqassari (1627-1699 M) yang berafiliasi dengan teologi Asy’ariyyah. Dinamika\r\nkalam Asy’ariyyah di Indonesia tidak hanya ditemukan pada dua generasi di atas\r\nkarena pada generasi selanjutnya juga ditemui pemikir di bidang kalam seperti\r\nSyaikh Nawawi Banten (1813-1897 M). Ia merupakan figur yang penting dalam\r\nhal ini karena dapat dikatakan sebagai Bapak Intelektual Pesantren di Nusantara.\r\nSebagai intelektual yang produktif, Nawawi al-Bantani banyak mengabadikan\r\npemikirannya dalam karya tulis. Di antara beberapa karya tulisnya adalah bentuk\r\npenjelasan terhadap al-Qur’an dengan judul Mara>h{ Labi>d li Kasyf Ma’na> al-\r\nQur’a>n al-Maji>d. Kitab tafsir ini oleh sebagian penulis dianggap lebih unggul\r\ndibandingkan dengan karyanya yang lain sebab kitab tafsir ini merupakan\r\nkaryanya yang paling orisinil. Bahkan di dunia pesantren, karya tersebut tidak\r\nkalah masyhurnya dengan Tafsi>r Jala>lain. Lebih lanjut, jika memang Nawawi al-\r\nBantani dikenal sebagai tokoh yang berafiliasi dengan teologi Asy’ariyyah maka\r\nmenurut penulis perlu untuk dilakukan kajian secara spesifik dengan mengacu\r\nkepada penafsiran beliau di dalam kitab tafsir Mara>h{ Labi>d li Kasyf Ma’na> al-\r\nQur’a>n al-Maji>d yang diklaim sebagai karyanya yang paling orisinil.\r\nBerangkat dari asumsi bahwa dalam tradisi keilmuan, masing-masing\r\ntokoh dari suatu madzhab memiliki beberapa konsep yang berbeda atas\r\npendahulunya dikarenakan tuntutan situasi yang berbeda, maka setelah dilakukan\r\npengkajian dengan menggunakan pendekatan sejarah dapat pula diketahui bahwa\r\ndi dalam kitab tafsir Mara>h{ Labi>d li Kasyf Ma’na> al-Qur’a>n al-Maji>d terdapat\r\npergeseran yang dilakukan oleh Nawawi al-Bantani meskipun ia sendiri\r\nmerupakan penganut paham Asy’ariyyah. Perbedaan tersebut muncul setidaknya\r\ndalam bentuk takwil terhadap ayat-ayat antropomorfis, serta modifikasi tentang\r\npemahaman terhadap adzab kubur sehingga muncul konsep talqi>n dan ide dasar\r\nmengenai tahli>l. Adanya modifikasi seperti ini sebab ia hidup di saat\r\npembaharuan Islam mulai bermunculan seperti di Mesir. Terlebih lagi, naskah\r\ntafsirnya dikoreksi dan pertama kali diterbitkan di sana. Demikian pula dengan\r\nadanya konsepsi tentang talqi>n dan tahli>l, modifikasi tersebut disinyalir muncul\r\nsebagai responnya terhadap gerakan puritan kelompok Wahabi yang terjadi saat\r\nitu. Namun, ia masih tetap dapat dikatakan sebagai seorang yang loyal terhadap\r\nteologi Asy’ariyyah sebab dalam permasalahan yang lain seperti konsepsi tentang\r\nAf’a>l ‘Iba>d, sifat-sifat Allah swt, syafa’at, dan Ru’yatullah ia masih sejalan\r\ndengan apa yang ditawarkan oleh al-Asy’ari. Pernyataan ini dikuatkan dengan\r\nadanya kenyataan bahwa diskusi kalam Nawawi al-Bantani di dalam kitab\r\ntafsirnya kebanyakan bersumber dari kitab tafsir karya al-Razi yang berafiliasi\r\ndengan paham teologi Asy’ariyyah. Meskipun dalam beberapa tema lain\r\npemahamannya juga merujuk kepada gurunya langsung dan tafsir Abi> Su’u>d."^^ . "2016-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11530116"^^ . "MINANULLAH"^^ . "NIM. 11530116 MINANULLAH"^^ . . . . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Text)"^^ . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Text)"^^ . . . "11530116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . . "KALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA\r\n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID\r\nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19826 \n\nKALAM ASY’ARIYYAH DALAM TAFSIR NUSANTARA \n(STUDI KITAB TAFSIR MARAH LABID LI KASYF MA’NA AL-QUR’AN AL-MAJID \nKARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .