<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL"^^ . "Penafsiran ayat jizyah dalam Q.S al-Taubah [9]: 29 dengan menggunakan metode tafsir kontekstual.\r\nKetertarikan peneliti dengan ayat jizyah dilandaskan pada dua hal. Pertama, bila dipahami secara\r\ntekstual, ayat tersebut dapat memicu sikap diskriminatif terhadap non-Muslim. Kedua, peneliti belum\r\nmenemukan penafsiran kontekstual terhadap ayat jizyah. Alasan pemilihan metode kontekstual\r\nAbdullah Saeed sebagai alat dan metode penafsiran adalah karena metode tafsir kontekstualnya tersusun\r\nsecara sistematis yang dikhususkan untuk ayat etika hukum. Dua problem yang diajukan dalam\r\npenelitian; Pertama, bagaimana penafsiran ayat 29 Q.S At-Taubah tentang jizyah dengan metodologi\r\ntafsir kontekstual Abdullah Saeed? Kedua bagaimana relevansinya untuk konteks saat ini? Penelitian\r\npustaka ini bersifat analisis-metodis-implementatif dengan objek ayat jizyah agar ditemukan nilai\r\nkontekstual dan dapat direlevansikan.\r\nUntuk merelevansikan ayat jizyah peneliti melakukan konvergensi antara metode tafsir kontekstual\r\nAbdullah Saeed dengan maqa>s}id syari>’ah kontemporer Jasser Auda. Dengan beberapa alasan: pertama,\r\nanalisa linguistik kurang relevan atas ayat jizyah, karena bunyi tekstualnya cenderung radikal. Kedua,\r\nmaqasid syariah kontemporer yang bersifat komunal-pengembangan, menjadi analisa penting untuk\r\nmenemukan relevansi ayat jizyah sesuai dengan dala>lah maqs}u>d.\r\nHasilnya peneliti merumuskan metode tafsir kontekstual maqa>s}idi> untuk menafsirkan ayat jizyah.\r\nMetode tafsir kontekstual maqasidi adalah metode tafsir kontekstual yang menekankan maksud syariah\r\nsebagai basis penafsiran. Metode tafsir kontekstual maqa>s}idi menghendaki penafsiran ayat berdasarkan\r\ndala>lah maqs}u>d dan nilai universal yang dipraktekkan oleh Rasulullah. Ada tiga tahap yang dilalui oleh\r\nmetode tersebut. (1) tahap holistitik yakni menginventarisir ayat-ayat setema, kemudian menyusunnya\r\nsesuai dengan kronologi pewahyuan. (2) tahap dala>lah maqs}u>d yaitu dengan cara memahami asbab\r\nnuzul mikro dan asbab nuzul makro dari ayat yang fokusnya adalah bagaimana Nabi mengamalkan ayat\r\ntersebut. Praktek Rasulullah yang memungut jizyah dengan menempuh jalan kesepakatan dan dengan\r\nprinsip tidak memberatkan, menunjukkan bahwa pada tataran dala>lah maqs}u>d, antara bunyi ayat dengan\r\npraktek yang dilakukan oleh Rasulullah sangat jauh berbeda. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa\r\ndala>lah maqs}u>d dari ayat ini adalah menerapkan prinsip keadilan, kesetaraan dan tidak memberatkan.\r\nDari sini dapat ditentukan nilai universal di balik penerapan jizyah antara lain: nilai kesetaraan dan tidak\r\nmemberatkan. (3) tahap aplikasi, yaitu menentukan variabel yang sesuai dan mengimplementasikan\r\ndala>lah dan nilai yang telah ditemukan. Untuk konteks sekarang, jizyah dapat dikatakan sebagai pajak.\r\nNilai-nilai seperti kesetaraan, keadilan, tidak memberatkan dan keadilan dapat diaplikasikan sebagai\r\nberikut:a. Nilai kesetaraan diaplikasikan dengan cara pembangunan sistem pembayaran pajak yang\r\ntransparan, dan dapat diakses oleh seluruh warga. Agar setiap warga dapat membayar pajak dan\r\nmendapatkan hak yang sama tanpa diskriminasi.b. Tidak memberatkan dapat diimplementasikan dengan\r\ncara membangun sistem pembayaran yang mudah, cepat dan efisien. Penghapusan denda pajak yang\r\ntelah diberlakukan merupakan salah satu konsep yang sesuai dengan nilai tidak memberatkan."^^ . "2016-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12531145"^^ . "WILDAN IMADUDDIN MUHAMMAD"^^ . "NIM. 12531145 WILDAN IMADUDDIN MUHAMMAD"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Text)"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Text)"^^ . . . "12531145_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR\r\nKONTEKSTUAL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19858 \n\nPENAFSIRAN AYAT JIZYAH DENGAN METODOLOGI TAFSIR \nKONTEKSTUAL\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .