TY - THES N1 - Prof. Dr. H. Maragustam, M.A ID - digilib19870 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19870/ A1 - URIYONO LATUDI, SPDI, NIM. 1320410048 Y1 - 2016/01/26/ N2 - Uriyono Latudi, NIM 1320410048: Strategi Pondok Pesantren Salafiyah Syafi?iyah Dalam Pendidikan Agama Islam Bagi Masyarakat Muslim di Tengah Ragam Komunitas Desa Banuroja, Gorontalo: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pesantren yang mengalami penyempitan makna sehingga ketika disebut ?pesantren?, maka interpretasi yang ada yaitu tindakan teroris, radikal, dan tidak mengenal kompromi. Pesantren lain memang dapat memberikan angin segar bagi masyarakat sekitar dengan memberikan pendidikan agama yang baik, toleran (tasammuh) dan mendamaikan (rahmat) bagi sekitarnya. Namun hal itu masih terbatas di wilayah-wilayah basis muslim. Berbeda dengan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi?iyah adalah satu pesantren yang terletak di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Posisi lokasinya dapat dikatakan cukup unik karena berada di tengah-tengah ragam komunitas agama. Selain memberikan pendidikan agama kepada santrinya, pesantren salafiyah syafi?iyah juga memberikan pendidikan dan pengajaran agama islam bagi masyarakat disekitarnya. Sehingga rumusan tujuan penelitian ini adalah : (1). Bagaimana strategi pondok pesantren salafiyah syafi?iyah dalam pendidikan agama Islam bagi masyarakat muslim di tengah ragam komunitas Desa Banuroja Gorontalo? (2) Bagaimana implikasi Pendidikan agama Islam terhadap pengamalan agama dalam kehidupan sosial masyarakat di tengah ragam komunitas Desa Banuroja Gorontalo? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pendidikan agama Islam bagi masyarakat muslim di tengah ragam komunitas Desa Banuroja Gorontalo? Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan : (1). Strategi Pendidikan agama Islam bagi masyarakat muslim yang dilakukan pesantren Salafiyah Syafi?iyah dengan mendirikan Majlis Ta?lim dan Pusat Pengembangan Ekonomi Masyarakat. (2). implikasi dari pendidikan agama Islam terhadap pengamalan agama dalam kehidupan sosial masyarakat Banuroja, yaitu ; a) terjalinnya kerukunan antara umat beragama b) Terwujudnya Toleransi antara umat beragama c) Terciptanya kepedulian sosial bagi masyarakat . (3). Faktor pendukung yaitu pendidik, kurikulum, dan masyarakat. Faktor penghambat, yaitu a) Majlis Ta?lim tidak mampu menjangkau semua umat b) Kecemburuan sosial c) Dialog antara agama tidak mampu menjangkau semua umat non-muslim; dan d) Toleransi yang overdosis. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Pondok Pesantren KW - Pendidikan Agama Islam KW - Masyarakat Ragam komunitas M1 - masters TI - STRATEGI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI?IYAH DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MASYARAKAT MUSLIM DI TENGAH RAGAM KOMUNITAS DESA BANUROJA, GORONTALO AV - restricted ER -