@mastersthesis{digilib19876, month = {December}, title = {EPISTEMOLOGI TEORI MU{\.Z}AKKAR DAN MU?ANNA{\.S}}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 1120510041 LINDA NURFITRIA ASTUTI}, year = {2015}, note = {Dr. Zamzam Afandi, MA. Ph.D}, keywords = {mu{\.z}akkar, mu?anna{\.s}, epistemologi, genus (al-jinsu), sam{\=a}?, qiy{\=a}s, relatif (nisbi).}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19876/}, abstract = {Penelitian ini berbicara tentang epistemologi teori mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s}. Tujuannya adalah untuk mengetahui epistemologi teori mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s} yang mencakup persoalan sumber, struktur, metode, dan validitas dari teori tersebut, serta diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan Islam khususnya di bidang bahasa Arab. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian berbentuk library research, dengan metode dokumentasi dan metode pembacaan baik pada tingkat simbolik, maupun semantis, serta metode deskriptif-analisis. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan filsafat, ilmu U{\d s}{\=u}l an-Na{\d h}wi, dan sosiolinguistik. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa epistemologi teori mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s} khususnya dalam bahasa Arab mencakup tiga hal, yaitu sumber teori, metode dan tolok ukur kebenaran teori mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s}. Sumber teori mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s} adalah al-Qur?{\=a}n, al-{\d H}ad{\=i}{\.s}, kalam Arab, dan pandangan manusia (bangsa Arab) tentang genus (al-jinsu), yang melingkupi kebudayaan bangsa Arab. Metode perumusan teori mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s}, yaitu menggunakan metode sam{\=a}/naql dan metode qiy{\=a}s. Adapun tolok ukur kebenaran teori mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s} berdasarkan pada uji kebenaran teori tersebut yang memadukan teori kebenaran korespondensi yang mengusung metode sam{\=a}? (empirisisme) dan teori kebenaran koherensi yang mengusung metode qiy{\=a}s (rasionalisme). Uji kebenaran tersebut melahirkan kebenaran yang relatif (nisbi) dari pengetahuan mengenai mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s}, serta menunjukkan bahwa bagi teori tersebut sebuah logika yang khas. Relativitas pengetahuan tentang mu{\.z}akkar dan mu?anna{\.s}, serta logika khas bagi teori tersebut bermakna bahwa pengetahuan tersebut masih mengandung probabilitas-probabilitas, bersifat relatif dan juga karena hakekat bahasa yang sesungguhnya memiliki sifat dinamis, serta sebab keterpengaruhan bahasa atas kebudayaan penuturnya yang mencakup agama, kebudayaan, pemikiran, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat dilihat dari ragamnya pendapat dan kesimpulan mengenai teori tersebut, perbedaan atau variasi sumber teori tersebut sebagai bahan observasi dalam aktivitas qiy{\=a}s, serta perbedaan dalam menganggap sebuah kata itu mu{\.z}akkar atau mu?anna{\.s}; dalam beberapa suku Arab suatu kata dianggap mu{\.z}akkar dan bagi beberapa suku selainnya dianggap mu?anna{\.s}. Kata-kata kunci : mu{\.z}akkar, mu?anna{\.s}, epistemologi, genus (al-jinsu), sam{\=a}?, qiy{\=a}s, relatif (nisbi).} }