@mastersthesis{digilib19878, month = {January}, title = {KIT{\=A}B AL-MURSYID AL-WAJ{\=I}Z F{\=I} ?ILM AL-QUR?{\=A}N AL-?AZ{\=I}Z KARYA KIAI {\d S}{\=A}LI{\d H} D{\=A}R{\=A}T AS-SAM{\=A}R{\=A}N{\=I}}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 1220511079 LUQMI MAULANA HAZIM}, year = {2016}, note = {Dr. Maharsi, M.Hum}, keywords = {Kitab al Mursyid, al wajiz}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19878/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan guna menjawab tiga permasalahan pokok yaitu; 1). Bagaimanakah biografi Kiai {\d S}{\=a}li{\d h} D{\=a}r{\=a}t as-Sam{\=a}r{\=a}n{\=i}; 2). Bagaimanakah deskripsi naskah dan teks Kit{\=a}b al-Mursyid al-Waj{\=i}zf{\=i} ?Ilm al-Qur?{\=a}n al-?Az{\=i}z karya Kiai {\d S}{\=a}li{\d h} D{\=a}r{\=a}t as-Sam{\=a}r{\=a}n{\=i}; 3). Bagaimanakah corak pemikiran Kiai {\d S}{\=a}li{\d h} D{\=a}r{\=a}t as-Sam{\=a}r{\=a}n{\=i} di bidang?Ul{\=u}m al-Qur?{\=a}n dalam menghadapi masyarakat Islam awam Jawa pada abad ke-19. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode filologi terhadap naskah Kit{\=a}b al-Mursyid al-Waj{\=i}zf{\=i} ?Ilm al-Qur?{\=a}n al-?Az{\=i}z karya Kiai {\d S}{\=a}li{\d h} D{\=a}r{\=a}t as-Sam{\=a}r{\=a}n{\=i} sebagai subyek penelitian. Temuan penelitian dapat dideskripsikan menjadi tiga bagian yaitu; Pertama, Kiai {\d S}{\=a}li{\d h} D{\=a}r{\=a}t memiliki nama lengkap Mu{\d h}ammad {\d S}{\=a}li{\d h} ibn ?Umar lahir di Desa Kedung Cumpleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dia lahir di Jepara sekitar tahun 1820 M dan wafat di Semarang pada tahun 1903 M. Sebelum menetap dan tinggal di Semarang dia pernah menimba ilmu dari sejumlah Kiai di Jawa dan {\d H}aramin. Karya-karyanya meliputi bidang; Tasawuf, Fiqih, Sirah Nabawiyah, Teologi dan kal{\=a}m, Tafs{\=i}r al-Qur?{\=a}n, dan ?Ul{\=u}m al-Qur?{\=a}n, yang seluruhnya dia tuangkan dalam bahasa Jawa (Arab Pegon). Selain diterbitkan di Indonesia, karya-karyanya diterbitkan di Singapura dan di Bombay India. Kedua, Naskah kitab ini ditulis pada tanggal 15 Syawwal tahun 1317 H dan selesai pada tanggal 26 {\.Z}u al-Qa?dah tahun 1317 H serta mengalami penyalinan ulang yang berakhir pada hari senin tanggal 28 Mu{\d h}arram tahun 1318 H. Naskah kitab ini dicetak dengan tehnik cetak batu (lithography) oleh percetakan Haji Mu{\d h}ammad {\=A}m{\=i}n Singapura pada tanggal 20 Rabi? al-Akhir tahun 1318 H yang berukuran panjang 20,5 cm dan dengan lebar 15,2 cm, serta berketebalan 288 halaman. Jika naskah diterawang akan tampak garis tegak tipis dan garis datar tebal dan tidak terdapat adanya tanda kertas (watermark). Kertas yang digunakan kemungkinan bukan kertas hasil produksi pabrik kertas di Singapura, tetapi kemungkinan menggunakan kertas hasil produksi pabrik kertas di Eropa sebagai batas berakhirnya masa kertas dengan menggunakan tanda kertas (watermark) dan perubahan cara pembuatan dari model tradisional kemekanis modern. Ketiga, Secara umum, pemikiran keagamaan (Islam) Kiai {\d S}{\=a}li{\d h} D{\=a}r{\=a}t di bidang ?Ul{\=u}m al-Qur?{\=a}n merupakan kelanjutan dari paham tradisional (af-fahm al-tur{\=a}si li al-turas). Namun dalam beberapa hal, uraiannya tentang tema-tema ?Ul{\=u}m al-Qur?{\=a}n berbeda dengan kitab-kitab ?Ul{\=u}m al-Qur?{\=a}n pada umumnya, yakni bercorak ortodoks legalistik dan mistik dengan karakteristik yang khas dan bersifat lokal, dan lebih khusus lagi bercorak tasawuf} }