TY - THES N1 - Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., MA. ID - digilib19895 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19895/ A1 - MAULANA FARHADUDIN, SPDI, NIM. 1320412191 Y1 - 2016/01/26/ N2 - Maulana Farhadudin, Manajemen Peningkatan Profesinalisme Ustadz Di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini berawal dari kualitas mutu pendidikan dan profesionalisme di sekolah-sekolah yang sampai saat ini belum sesuai dengan yang diharapkan. Namun demikian Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, sebagai lembaga pendidikan yang berbasis Islam, ternyata mempunyai kredibilitas yang tinggi sebagai lembaga pendidikan yang mampu menciptakan intelektual yang berjiwa Islami. Kondisi inilah yang menjada daya tarik tersendiri untuk diadakan penelitian karena lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, mampu bersaing dengan dunia pendidikan pada umumnya, bahkan terkadang kualitasnya diatas lulusan lembaga pendidikan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) manajemen peningkatan nutu pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor (2) profesionalisme ustadz-ustadz di Pondok Modern Darussalam Gontor dan (3) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam manajemen profesionalisme ustadz-ustadz di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Pondok Modern Darussalam Gontor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan, menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi internal yang dimiliki Pondok Modern Darussalmam Gontor Ponorogo dalam klasifikasi rata-rata dengan nilai positif sebesar 2,097. Strategi eksternal yang dimiliki Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dalam klasifikasi rata-rata dengan nilai positif sebesar 2,016. 2) Ustadz mempunyai jiwa profesional dilandasi oleh tanggung jawab moral bahwa manusia sebagai khalifah yang tentunya harus bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Masalah krusial yang mendorong ustadz mempunyai jiwa profesional yaitu adanya dogma yaitu (a) hidupilah pondok dan jangan menggantungkan kehidupan kepada pondok (b) pondok adalah tempat ibadah dan thalabul?ilmi (c) pondok berdiri di atas dan untuk semua golongan. Faktor pendukung lingkungan pendidikan yang representatif, fasilitas pendidikan yang memadai, tanggung jawab pengurus, kepedulian ustadz, intensitas belajar siswa yang tinggi, pengawasan yang melekat, Tersedianya fasilitas pengembangan IPTEK, Kesadaran ustadz dalam meningkatkan kompetensi, jiwa pengorbanan dari ustadz. Faktor penghambat meliputi perubahan kurikulum di pendidikan umum dan Keterbatasan pendanaan dalam peningkatan kompetensi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Mutu Pendidikan KW - Profesionalisme Ustadz M1 - masters TI - MANAJEMEN PENINGKATAN PROFESIONALISME USTADZ DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR AV - restricted ER -