<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA"^^ . "Pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib bertujuan untuk\r\npembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui\r\npenghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Pengembangan buku\r\npanduan Pendidikan kepramukaan berbasis sains merupakan pengembangan nilai\r\nkarakter yang perpedoman pada dasadarma poin ke dua, yaitu cinta alam dan\r\nkasih sayang sesama manusia sebagai upaya peneliti untuk mewujudkan peserta\r\ndidik yang mencintai lingkungan dan menyayangi sesama makhluk hidup.\r\nRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses\r\npengembangan buku panduan kepramukaan golongan penggalang SD/MI berbasis\r\nsains sebagai bahan pembelajaran pendidikan kepramukaan SD/MI. (2) Apakah\r\nbuku ajar tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di\r\nsekolah.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and\r\nDevelopment atau R&D) yang bertujuan mengembangkan buku panduan\r\npendidikan kepramukaan berbasis sains untuk golongan penggalang SD/MI\r\nsebagai upaya penanaman nilai dasadarma “cinta alam dan kasih sayang sesama\r\nmanusia”, serta untuk mengetahui kelayakan atau kualitas buku panduan pembina\r\npramuka yang telah tersusun. Model pengembangan dari penelitian\r\npengembangan ini adalah model ADDIE.\r\nBerdasarkan pembahasan dan analisa data yang telah dilakukan, maka\r\ndapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Dikembangkan buku panduan\r\ndengan melalui beberapa proses perkembangan antara lain: analisis kebutuhan\r\n(wawancara pembina pramuka dan siswa), serta observasi pembelajaran, analisis\r\nkurikulum, penyusunan draf buku panduan pendidikan kepramukaan berbasis\r\nsains, produk divalidasi dan direvisi berdasarkan masukan dan saran dari dosen\r\npembimbing, tim ahli, pembina pramuka, dan peer reviewer serta respon peserta\r\ndidik dan observasi penerapan nilai dasadarma pada uji coba kelompok skala kecil\r\nmaupun besar dan diseminasi.(2) berdasarkan penilaian tim ahli dan peer reviwer\r\nsecara keseluruhan berada pada kategori baik, sehingga layak untuk digunakan\r\ndalam pembelajaran pendidikan kepramukaan. Terlihat dari hasil penilaian ahli\r\nmateri sains 4,63 dengan kategori “baik”, penilaian ahli materi pendidikan\r\nkepramukaan 3,6 dengan kategori “baik”, penialain ahli media pembelajaran 4,1\r\ndengan kategori “baik”, penilaian pembina pramuka 4,3 dengan kategori “sangat\r\nbaik”, penilaian anggota pramuka pandega 4,2 dengan kategori “baik”, penilaian\r\nteman sejawat berturut-turut 4,84 dan 4,48 dengan masing-masing kategori\r\n“sangat baik”. Sedangkan, hasil respon yang diterima dari uji coba kelompok\r\nskala kecil dan skala besar dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media\r\nbahan ajar, terlihat dari rata-rata respon peserta didik uji coba kelompok kecil dan\r\nbesar secara berturut-turut 4,28 dan 4,49 keduanya berada pada kategori “sangat\r\nbaik”. Hasil observasi nilai dasadarma juga pada kategori “sangat baik” yaitu\r\nmencapai 91,4%."^^ . "2016-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320421028"^^ . "AFROH NAILIL HIKMAH, SPDI"^^ . "NIM. 1320421028 AFROH NAILIL HIKMAH, SPDI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Text)"^^ . . . "1320421028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN\r\nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI\r\nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19897 \n\nPENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN \nGOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI \nUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .