TY - THES N1 - Dr. Maizer Said Nahdi, M.Si ID - digilib19897 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19897/ A1 - AFROH NAILIL HIKMAH, SPDI, NIM. 1320421028 Y1 - 2016/01/26/ N2 - Pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib bertujuan untuk pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Pengembangan buku panduan Pendidikan kepramukaan berbasis sains merupakan pengembangan nilai karakter yang perpedoman pada dasadarma poin ke dua, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia sebagai upaya peneliti untuk mewujudkan peserta didik yang mencintai lingkungan dan menyayangi sesama makhluk hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan buku panduan kepramukaan golongan penggalang SD/MI berbasis sains sebagai bahan pembelajaran pendidikan kepramukaan SD/MI. (2) Apakah buku ajar tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D) yang bertujuan mengembangkan buku panduan pendidikan kepramukaan berbasis sains untuk golongan penggalang SD/MI sebagai upaya penanaman nilai dasadarma ?cinta alam dan kasih sayang sesama manusia?, serta untuk mengetahui kelayakan atau kualitas buku panduan pembina pramuka yang telah tersusun. Model pengembangan dari penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Berdasarkan pembahasan dan analisa data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Dikembangkan buku panduan dengan melalui beberapa proses perkembangan antara lain: analisis kebutuhan (wawancara pembina pramuka dan siswa), serta observasi pembelajaran, analisis kurikulum, penyusunan draf buku panduan pendidikan kepramukaan berbasis sains, produk divalidasi dan direvisi berdasarkan masukan dan saran dari dosen pembimbing, tim ahli, pembina pramuka, dan peer reviewer serta respon peserta didik dan observasi penerapan nilai dasadarma pada uji coba kelompok skala kecil maupun besar dan diseminasi.(2) berdasarkan penilaian tim ahli dan peer reviwer secara keseluruhan berada pada kategori baik, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan kepramukaan. Terlihat dari hasil penilaian ahli materi sains 4,63 dengan kategori ?baik?, penilaian ahli materi pendidikan kepramukaan 3,6 dengan kategori ?baik?, penialain ahli media pembelajaran 4,1 dengan kategori ?baik?, penilaian pembina pramuka 4,3 dengan kategori ?sangat baik?, penilaian anggota pramuka pandega 4,2 dengan kategori ?baik?, penilaian teman sejawat berturut-turut 4,84 dan 4,48 dengan masing-masing kategori ?sangat baik?. Sedangkan, hasil respon yang diterima dari uji coba kelompok skala kecil dan skala besar dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media bahan ajar, terlihat dari rata-rata respon peserta didik uji coba kelompok kecil dan besar secara berturut-turut 4,28 dan 4,49 keduanya berada pada kategori ?sangat baik?. Hasil observasi nilai dasadarma juga pada kategori ?sangat baik? yaitu mencapai 91,4%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pramuka KW - Penggalang SD/MI KW - Sains KW - Dasadarma M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN GOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA AV - restricted ER -