eprintid: 19899 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/98/99 datestamp: 2016-03-18 03:23:07 lastmod: 2016-03-18 03:23:07 status_changed: 2016-03-18 03:23:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M LUKMANUL HAKIM, SPDI, NIM. 1320422025 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( STUDI KASUS DI MI NEGERI CISAMBENG MAJALENGKA ) ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pps_pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran IPA, Pendekatan Saintifik note: Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. abstract: M. LUKMANUL HAKIM, Implementasi Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Santifik (Studi Kasus di MI Negeri Cisambeng Majalengka). Tesis. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Konsentrasi Sains MI, 2015. Pembelajaran hendaknya mempunyai tujuan untuk membangun kompetensi anak didik seutuhnya yang mencakup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik atau ilmiah mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Pemerolehan ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan (proses) psikologis yang berbeda. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat menentukan keberadaan ketiga aspek kompetensi pada anak didik. Kebenaran implementasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, keterampilan mengamati, analisis, dan komunikasi. Oleh sebab itu perlu pemahaman tentang apa pendekatan saintifk, bagaimana implementasinya, dan faktor apa saja yang mempengaruhinya dalam pembelajaran khususnya IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di MI Negeri Cisambeng Majalengka. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Informan penelitian ini yaitu kepala, guru, dan siswa siswi kelas IV MI Negeri Cisambeng Majalengka. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi berperanserta, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data verifying (kesimpulan). Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di MI Negeri Cisambeng Majalengka belum berjalan secara maksimal karena beberapa alasan di antaranya kurang kreatifnya guru untuk mengajukan persoalan-persoalan yang menantang siswa untuk bertanya, kurangnya jumlah alat dan bahan atau materi percobaan bagi tiap siswa untuk mengadakan percobaan, dll. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di MI Negeri Cisambeng Majalengka adalah tipe kepemimpinan guru yang demokratis dan menyenangkan, minimnya pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik, gaya pembelajaran yang di bawakan oleh guru masih monoton tidak variatif dan tidak menggunakan strategi dan model pembelajaran aktif, tingkat kecerdasan siswa yang berbedabeda, minat dan motivasi siswa yang rendah pada pembelajaran IPA, dll. date: 2016-01-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: M LUKMANUL HAKIM, SPDI, NIM. 1320422025 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( STUDI KASUS DI MI NEGERI CISAMBENG MAJALENGKA ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19899/2/1320422025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19899/1/1320422025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf