TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H Suhardi M.Pd. ID - digilib1992 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1992/ A1 - NUNUNG HARANI NIM. 03450454, Y1 - 2009/05/06/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan metode praktikum lapangan dan praktikum laboratorium terhadap hasil belajar sains Biologi siswa kelas VIII semester I MTsN Wonokromo Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan seberapa efektifkah metode praktikum lapangan dibandingkan dengan metode praktikum laboratorium dilihat dari hasil pretes dan postes kedua kelompok serta seberapa besar tanggapan siswa terhadap metode yang digunakan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pre-test post test control group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTsN Wonokromo Yogyakarta yang terdiri dari 2 kelas yang diambil secara random (acak), kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretes dan postes menggunakan analisis ttes dan lembar angket tanggapan siswa terhadap metode praktikum lapangan dan laboratorium dalam pembelajaran Biologi menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode praktikum lapangan dan metode praktikum laboratorium tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sains Biologi. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap metode yang digunakan adalah untuk kelas eksperimen tergolong positif artinya siswa mendukung metode yang digunakan dan untuk kelas kontrol tergolong netral. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - metode KW - praktikum lapangan KW - praktikum laboratorium dan hasil belajar. M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM LAPANGAN DAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN Siswa Kelas VIII Semester I MTsN Wonokromo Yogyakarta AV - none ER -