%A NIM. 10680053 WAHIDATUL RIZKI SELVIANA %O Dias Idha Pramesti, M.Si. %T PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode role playing dalam pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan metode role-playing dan kelas kontrol menggunkan model direct instruction yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru). Alat pengumpulan data berupa tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test untuk data keaktifan belajar siswa dan Independent Sample T-test untuk data hasil belajar, serta analisis deskriptif untuk data tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Mann Whitney U-test diperoleh nilai p < 0,05 yaitu 0,000 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai p < 0,25 yaitu 0,002 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian angket tanggapan diperoleh persentase rata-rata sebesar 91%. Kesimpulannya bahwa siswa kelas VIID memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap penggunaan metode role playing pada materi pokok pencemaran lingkungan. %K metode role playing, keaktifan belajar dan hasil belajar. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19922