eprintid: 19922 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/99/22 datestamp: 2016-03-22 02:25:40 lastmod: 2016-03-22 02:25:40 status_changed: 2016-03-22 02:25:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WAHIDATUL RIZKI SELVIANA, NIM. 10680053 title: PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: metode role playing, keaktifan belajar dan hasil belajar. note: Dias Idha Pramesti, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode role playing dalam pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan metode role-playing dan kelas kontrol menggunkan model direct instruction yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru). Alat pengumpulan data berupa tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test untuk data keaktifan belajar siswa dan Independent Sample T-test untuk data hasil belajar, serta analisis deskriptif untuk data tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Mann Whitney U-test diperoleh nilai p < 0,05 yaitu 0,000 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai p < 0,25 yaitu 0,002 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian angket tanggapan diperoleh persentase rata-rata sebesar 91%. Kesimpulannya bahwa siswa kelas VIID memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap penggunaan metode role playing pada materi pokok pencemaran lingkungan. date: 2015-12-31 date_type: published pages: 158 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: WAHIDATUL RIZKI SELVIANA, NIM. 10680053 (2015) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19922/1/10680053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19922/2/10680053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf