%0 Thesis %9 Skripsi %A INTAN FAJAR SURYANI, NIM. 11680015 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:19936 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K majalah biologi, sumber belajar mandiri, sistem reproduksi %P 179 %T PENGEMBANGAN MAJALAH BIORE (BIOLOGI REPRODUKSI) SUBMATERI KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM REPRODUKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19936/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Majalah Biore (Biologi Reproduksi) submateri kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA dan mengetahui kualitas Majalah Biore (Biologi Reproduksi) sebagai sumber belajar mandiri. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) tetapi dibatasi pada tahap ADDE. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri komponen kelayakan isi/materi, penyajian, dan keterbacaan. Produk dinilai dan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh peer reviewer. Uji terbatas dilakukan penilaian keterbacaan produk oleh guru biologi dan siswa kelas XI. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil penilaian dikonversi menjadi skor kuantitatif. Kualitas produk menurut penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan siswa masing-masing mendapatkan kategori sangat baik (B), sangat baik (B), sangat baik (SB), sangat baik (SB), dan baik (B) dengan persentase keidealan masing-masing yaitu 90%, 98,67%, 94,33%, 90,48% dan 80%. Dengan demikian, majalah Biore (Biologi Reproduksi) layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA kelas XI. %Z Sulistiyawati, M.Si.