TY - THES N1 - Runtut Prih Utami, M.Pd ID - digilib19938 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19938/ A1 - AAN SITI NURJANAH, NIM. 11680023 Y1 - 2016/01/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa di MTs Negeri Yogyakarta II. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan mengggunakan dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan kelas kontrol menggunakan pendekatan teacher centered. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test dan Independent Sample t-Test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 80,06% dan 76,24%. Skor rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 71,09 dan 53,44. Berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar menggunakan Mann Whitney UTest dan hasil belajar aspek kognitif menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan nilai signifikasi.p < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan di kelas VII MTs Negeri Yogyakarta II. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pendekatan contextual teaching and learning (CTL) KW - motivasi KW - hasil belajar M1 - skripsi TI - PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II AV - restricted EP - 193 ER -