%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Nadia NIM: 02461028, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ %D 2009 %F digilib:1994 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Aktivitas, pembelajaran menyenangkan, pemahaman konsep, Direct Instruction, College Bowl. %T UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SAINS MELALUI DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE COLLEGE BOWL DI SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI PURWOMARTANI SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1994/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa aktif berpartisipasi dalam pembelajaran sains, mengupayakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep siswa, dan bagaimana dengan langkah-langkah pembelajaran sains melalui Direct Instruction dengan metode College Bowl di SD Muhammadiyah Sambisari. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dengan rancangan model siklus dari Kemmis dan Taggart (1988). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2006/ 2007 dengan jumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, Lembar Kerja Siswa (LKS), wawancara, dan jurnal harian. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi, hasil refleksi merupakan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya. Dalam penelitian ini terjadi 2 siklus. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran sains melalui Direct Instruction dengan metode College Bowl berhasil mewujudkan tujuan penelitian, antara lain: (1) keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan sebesar 15%, yaitu pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 65%, (2) pembelajaran sains mampu mengupayakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Pada siklus I, proses pembelajaran yang menyenangkan sebesar 25% dan pada siklus II, sebesar 87,5%. Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 62,5%, (3) peningkatan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil tes yang diberikan pada setiap siklus terdapat peningkatan persentase penguasaan kelas pada mata pelajaran sains sebesar 10,65%, yaitu pada siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 77,65%, (4) langkah-langkah pembelajaran sains melalui Direct Instruction dengan metode College Bowl antara lain: 1. pendahuluan, 2. demonstrasi atau penyampaian informasi, 3. siswa berlatih melakukan demonstrasi atau tugas dengan bimbingan guru, 4. siswa mengerjakan LKS disertai metode College Bowl. Fase pemberian kesempatan untuk pelatihan lanjut dan penerapan (fase V) tidak terlaksana pada setiap siklus. %Z Pembimbing : Warsono, M.Si.