eprintid: 1997 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/19/97 lastmod: 2012-05-04 16:41:56 status_changed: 2012-05-04 16:41:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurul Matwiyah NIM: 0143 0733, title: EFEKTIFITAS PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP ISLAMIC VILLAGE TANGERANG ispublished: pub full_text_status: none keywords: Efektifitas, Penilaian Portofolio, Motivasi. note: Pembimbing : Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si. abstract: ABSTRAK Pembelajaran matematika di SMP Islamic Village Tangerang masih belum maksimal. Hal tersebut ditunjukkan dengan rendahnya motivasi serta partisipasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya aktivitas belajar siswa ini dikarenakan proses pembelajaran masih terfokus pada guru dan belum terfokus pada siswa, sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu proses penilaian pembelajaran yang selama ini dilakukan belum menyeluruh, melainkan masih terfokus pada hasil belajar berupa tes pada akhir waktu tertentu seperti ulangan akhir semester, dan penilaian pada proses pembelajaran masih terabaikan. Upaya mengatasi permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan penerapan penilaian portofolio, yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian portofolio serta efektifitasnya dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran matematika dengan penilaian portofolio mengharuskan siswa untuk selalu mendokumentasikan produk dari setiap proses pembelajarannya. Penelitian eksperimen ini terdiri dari kelas VIII potensi sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII prestasi sebagai kelas kontrol. Penilaian portofolio hanya diberikan kepada kelas VIII potensi sebagai kelas eksperimen. Pada pembelajaran matematika dengan menggunakan penilaian portofolio, siswa diberi kesempatan untuk terus memperbaiki nilai dari proses belajarnya, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa untuk bersaing secara sehat dalam pencapaian hasil dari proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil analisis instrumen penelitian, dapat diketahui bahwa penilaian portofolio lebih efektif dalam pembelajaran matematika, hal tersebut ditunjukkan oleh adanya perbedaan gain skor yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal itu dapat diketahui dari harga t-hitung t-tab yaitu 2,640 2,000. Efektifitas penilaian portofolio pada penelitian ini juga dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada saat ulangan tengah semester pada kelas eksperimen meningkat dari nilai rata-rata sebelumnya yaitu pada saat mereka kelas VII. date: 2009-05-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-06 10:52:14 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurulmatwi-1701-1-nurulma-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--nurulmatwi-1701-1-nurulma-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2080 ; nama file lama : NURUL MATWIYAH 01430733 EFEKTIFITAS PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP ISLAMIC VILLAGE TANGERANG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 740195 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-06 10:52:14 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurulmatwi-1701-1-nurulma-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--nurulmatwi-1701-1-nurulma-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2080 ; nama file lama : NURUL MATWIYAH 01430733 EFEKTIFITAS PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP ISLAMIC VILLAGE TANGERANG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 740195 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Nurul Matwiyah NIM: 0143 0733, (2009) EFEKTIFITAS PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP ISLAMIC VILLAGE TANGERANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.