@phdthesis{digilib19978, month = {January}, title = {PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10670049 ISTINGANAH}, year = {2016}, note = {Panji Hidayat, M.Pd.,}, keywords = {pengaruh, pola asuh orang tua, status sosial ekonomi, prestasi belajar kimia.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19978/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa belum diketahuinya pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar kimia siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA, untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA, mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA, mengetahui interaksi pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif (survei). Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA UII Yogyakarta sejumlah 22 siswa. Instrumen dalam bentuk angket untuk mengetahui pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua, serta di dukung dengan dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA. Nilai r hitung ?0,625? {\ensuremath{>}} nilai r tabel ?0,423?. (2) Terdapat pengaruh status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA. Nilai r hitung ?0,732? {\ensuremath{>}} nilai r tabel ?0,423?. (3) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA. Nilai r hitung ?0,690? {\ensuremath{>}} nilai r tabel ?0,423?. (4) Terdapat interaksi sumbangan efektif dan relatif pola asuh dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar kimia siswa siswa kelas XI IPA. sumbangan relatif X{$_1$} terhadap Y sebesar 51,10\% dan sumbangan efektifnya sebesar 30,20\%. Sumbangan relatif X{$_2$} terhadap Y sebesar 48,90\% dan sumbangan efektif sebesar 23,60\%. Secara bersama-sama X{$_1$} dan X2, memberikan sumbangan relatif terhadap Y sebesar 100 \% dan sumbangan efektif sebesar 53,80\%.} }