@phdthesis{digilib19984, month = {November}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN PENDEKATAN SAVI DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATERI KOLOID DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11670016 JEKI TRISNAWATI}, year = {2015}, note = {Fitri Yuliawati, M.Pd.Si}, keywords = {Teams Games Tournament (TGT), SAVI( Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual), kerjasama, hasil belajar, penelitian PTK}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19984/}, abstract = {Model dan pendekatan pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Kenyataan di lapangan, pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya. Hal tersebut menyebabkan pencapaian kerjasama dan hasil belajar peserta didik belum tercapai secara maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kerjasama adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Komponen dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT diantaranya adalah permainan dan turnamen, dengan adanya komponen tersebut peserta didik dapat bekerjasama dengan peserta didik lain karena adanya interaksi belajar dalam kelas. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah pendekatan SAVI. Pendekatan SAVI menggabungkan antara aktivitas fisik dan intelektual, sehingga peserta didik dapat belajar sesuai dengan karakteristik belajar yang dimilikinya. Subjek penelitian yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta adalah peserta didik kelas XI IPA 2 tahun ajaran 2014/2015. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pendekatan SAVI. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan terdapat dua siklus pembelajaran. Fokus penelitiannya adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pendekatan SAVI dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data kerjasama adalah dengan menggunakan lembar observasi. Pengisian lembar observasi dibantu oleh observer. Data kerjasama yang diperoleh adalah data kuantitatif yang kemuadian diubah menjadi data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik sederhana, kemuadian hasil statistiknya digunakan sebagai pedoman untuk merubah menjadi data kualitatif. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar adalah dengan menggunakan tes hasil belajar. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data dianalisis menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kimia pada materi koloid dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh secara signifikan terhadap kerjasama peserta didik ditunjukan adanya peningkatan hasil kerjasama dari siklus I ke siklus II, dan pada hasil akhir terdapat 78,80\% peserta didik yang memiliki kerjasama dengan kategori baik. (2) Pembelajaran kimia pada materi koloid dengan menggunkan pendekatan SAVI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan kenaikan jumlah peserta didik yang tuntas KKM pada siklus I dan siklus II yaitu sebesar 27,3\% dan 100\%} }