eprintid: 2000
rev_number: 6
eprint_status: archive
userid: 8
dir: disk0/00/00/20/00
datestamp: 2024-11-21 08:45:33
lastmod: 2024-11-21 08:47:15
status_changed: 2012-05-04 16:41:56
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: SAUT MARTUA, NIM.: 03430353
title: UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR  MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL  PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II  MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) WAHID HASYIM
ispublished: pub
subjects: 510.7
divisions: jur_pemat
full_text_status: restricted
keywords: CTL, aktivitas
note: Pembimbing : Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd.
abstract: ABSTRAK   Pembelajaran matematika di MI Wahid Hasyim belum memuaskan. Ini tercermin dari rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika, kurang aktifnya siswa saat pembelajaran matematika berlangsung, siswa kurang atau masih belum terbiasa dengan belajar kelompok dalam mengerjakan tugas-tugasnya, sikap individual siswa yang masih tinggi sehingga menyebabkan interaksi antar siswa maupun siswa dengan guru masih kurang. Rendahnya aktivitas belajar siswa ini dikarenakan guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahan tersebut, dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kontekstual, yang bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. 
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan subjek seluruh siswa kelas II MI Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta yang berjumlah 10 siswa. Setting penelitian adalah kelas II MI Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, lembar observasi aktivitas belajar siswa, wawancara dengan siswa dan guru, jurnal harian, dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil penelitian tersebut dianalisis secara deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual ini melibatkan tujuh komponen CTL, yakni: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning community), pemodelan (modeling), refleksi (Reflection), dan penilaian sebenarnya (Authentic assesment). Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa kelas II MI Wahid Hasyim mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus II sebesar 8,75% yakni dari 71,25% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II.
date: 2009-05-06
date_type: published
institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
refereed: TRUE
referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 
	
	1
	update terakhir : 2009-05-06 11:08:07 ; 
	nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sautmartua-1704-1-sautmar-a.pdf ; 
	letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--sautmartua-1704-1-sautmar-a.pdf ; 
	url download server lama : /download.php?id=2083 ; 
	nama file lama : SAUT MARTUA 03430353 UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf ; 
	format file : application/pdf ; 
	besar file : 1120378 Kb. 
	penulis :  ; 

	
		1
	
	
	1
	update terakhir : 2009-05-06 11:08:07 ; 
	nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sautmartua-1704-1-sautmar-a.pdf ; 
	letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--sautmartua-1704-1-sautmar-a.pdf ; 
	url download server lama : /download.php?id=2083 ; 
	nama file lama : SAUT MARTUA 03430353 UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf ; 
	format file : application/pdf ; 
	besar file : 1120378 Kb. 
	penulis :  ; 

	
	Copyright  2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.
citation:   SAUT MARTUA, NIM.: 03430353  (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) WAHID HASYIM.  Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2000/1/BAB%20I%20DAN%20TERAKHIR.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2000/2/BAB%20II%20SAMPAI%20SEBELUM%20BAB%20TERAKHIR.pdf