%0 Thesis
%9 Skripsi
%A MAULIDA SOLEKHAH, NIM. 11110078
%B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
%D 2016
%F digilib:20012
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%P 92
%T LUGHAT AL I'LANAT AL TIJARIYYAH FI JARIDAH AL MASRIY AL YOWM (DIRASAH FI AF'AL AL KALAM AL INSHAIYYAH)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20012/
%X Surat kabar merupakan media cetak yang digunakan untuk  berkomunikasi secara tidak langsung antara penulis dan pembaca. Dalam media  cetak menyajikan iklan-iklan komersial. Begitu pula yang terdapat di dalam surat  kabar “Al Masry Al Youm”. Iklan–iklan tersebut berupa tuturan yang mempunyai  maksud dan fungsi sehingga pembaca akan melakukan sesuatu. Jadi tuturan  tersebut merupakan tindak tutur ilokusi. Hal tersebut sangat menarik dan unik  sehingga perlu dilakukan kajian yang mendalam. Permasalahan yang diteliti pada  penelitian ini adalah (1) jenis tindak tutur ilokusi apa sajakah yang terdapat pada  iklan komersial di dalam surat kabar al masry al youm? dan (2) apa makna yang  terkandung di dalamnya?.  Berdasar rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1)  mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi iklan komersial yang terdapat di dalam  surat kabar “Al Masry Al Youm” dan (2) mendeskripsikan makna yang  terkandung didalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan tekstual  kemudian teks yang diteliti dikaitkan dengan konteks yang meliputinya. Sumber  data penelitian ini adalah iklan-iklan komersial di dalam surat kabar “Al Masry Al  Youm” edisi Desember 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam  penelitian ini adalah teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik catat. Setelah  terkumpul data dianalisis menggunakan teknik pilah unsur penentu dan disajikan  dengan metode informal.  Hasil penelitian ini adalah jenis tindak tutur ilokusi iklan komersial di  dalam surat kabar “Al Masry Al Youm” dan makna yang terkandung di dalamnya.  Fungsi tindak tutur ilokusi dalam iklan komersial pada surat kabar “Al Masry Al  Youm” meliputi fungsi memberitahukan, melaporkan, membanggakan,  menyatakan, memerintah, menasehati, mengusulkan, menyarankan, menjanjikan  dan menawarkan. Berdasar temuan tersebut, saran yang diberikan kepada  pembaca adalah mengadakan penelitian lanjutan, misalnya dengan memfokuskan  pada tindak tutur ilokusi dengan obyek yang berbeda.