@phdthesis{digilib20013, month = {October}, title = {HUBUNGAN NILAI ULANGAN DENGAN NILAI REMEDIAL MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2014/2015}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11670037 RAHMA MEI WIDARTI}, year = {2015}, note = {Masiati, S.Pd.,}, keywords = {Penambahan Jam Pembelajaran, Nilai Ulangan Harian,Pemahaman dan Nilai Remedial}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20013/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai ulangan dengan nilai remedial pelajaran kimia siswa kelas X semester II di SMA N2 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X yang tidak mencapai nilai KKM yaitu 75 SMA N 2 Banguntapan. Sampel pada penelitian ini adalah semua peserta didik yang tidak mencapi nilai KKM saat ulangan harian(pada penelitian ini materi ulangan harian adalah hukum-hukum dasar kimia). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dokumentasi. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji analisis regresisederhana.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapathubungan antara nilai ulangan dengan nilai remedial siswa kelas X semester II SMA N 2 Banguntapan. Walaupun siswa dites dengan dua soal yang berbeda, yaitu dari pendidik dan peneliti. Hubungan bernilai positif dan searah. Hasil perhitungan yang diperoleh dari soal ulangan pendidik, nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,989 dan koefisien determinasi sebesar 0,978. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y= 35,891 + 0,875X, dan hasil soal dari peneltinilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,601 dan koefisien determinasi sebesar 0,362. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y= 52,407 + 0,504X. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya penambahan jam pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik SMA N 2 Banguntapan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.} }