<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME)"^^ . "Di penghujung abad ke-19, Abdurrahman al-Kawakibi (1849-1902) melakukan kritik\r\nyang sangat mendasar terhadap Dinasti Ottoman dalam karyanya yang sangat populer di\r\ndunia Islam, Thaba 'i al-Istibdad wa Mashari ยท al-lsti 'bad. Karya ini mengisahkan tentang\r\nperilaku politik para penguasa Dinasti Ottoman yang otoriter dan represif terhadap\r\nrakyatnya. 1 Perilaku otoritarianistik para penguasa semakin telanjang dengan menggunakan\r\nberbagai modus, sehingga menciptakan keprihatinan yang sangat mendalam.\r\nKonsekuensinya, dunia Islam berada dalam siklus kebangkrutan moral, yang menyebabkan\r\nDinasti Ottoman berada di am bang kehancuran.\r\nDua puluh tahun setelah magnum opus al-Kawakibi diluncurkan, Dinasti Ottoman\r\nluluh lantah. Dunia Islam mengakhiri sistem khilafah yang sudah berlangsung kurang lebih\r\n12 abad lamanya. Umat Islam hampir tidak percaya dengan kenyataan terse but, karena secara\r\nkuantitas umat Islam sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Tetapi, sebagaimana\r\ndiungkapkan oleh Ibnu Khaldun (1332-I406) dalam al-Muqaddimah, sebuab peradaban akan\r\nmengalami siklus kebangkitan dan kejatuhan,2 maka Dinasti Ottoman hams menjemput\r\najalnya sebagai akhir dari ideologi khilafah.\r\nSetidaknya ada tiga respons dunia Islam terhadap kejatuhan Dinasti Ottoman:\r\nPertama, respons yang bersifat sekularistik. Turki sebagai pusat pemerintahan Dinasti\r\nOttoman merupakan pihak yang merasakan langsung . pahitnya kediktatoran rezim yang\r\ndibalut dengan jubah agama. Mustafa Kemal Attaturk (1881-1938) memilih memutus\r\nhubungan dengan kekuasaan yang berlindung di bawah jubah agama sembari menjadikan\r\nsekularisme sebagai ideologi politik mereka. Ia trauma dengan sistem totaliter yang telah\r\nmenjadikan agama sebagai justifikasi dan legitimasi kekuasaan Dinasti Ottoman.Kedua, respons yang bersifat formalistik. Kelompok ini menganggap kejatuhan\r\nDinasti Ottoman, karena mereka telah keluar dari \"poros agama\", sehingga menyebabkan\r\nkebangkrutan moral. Karena itu, mereka memilih untuk kembali ke agama dengan\r\nmenjadikan Islam sebagai ideologi negara. Hasan al-Banna (1906-1949) adalah sosok yang sangat menonjol dalam membangun ideologi \"negara-agama\" dan \"Pan-Islamisme\" sebagai\r\nperlawanan terhadap Barat. Untuk memuluskan ideologi tersebut, Hasan al-Banna\r\nmendeklarasikan berdirinya Ikhwanul Muslimin pada tahun 1928.\r\nKetiga, respons yang bersifat komplementaristik. Kelompok ini memilih jalan tengah\r\ndari kedua respons tersebut dengan mengakomodasi sekularisme di satu sisi dan\r\nmengakomodasi nilai-nilai universal agama dalam konstitusi. Sukamo (1901-1970)\r\nmerupakan sosok yang. menonjol dalam melahirkan sebuah ideologi yang mampu\r\nmenggabungkan sekularisme dan agama di bawah bendera Pancasila.\r\nDari ketiga respons tersebut, Timur-Tengah merupakan salah satu negara yang saat ini\r\nmenghadapi masalah serius dalam ranah politik. Sejak jatuhnya Dinasti Ottoman di Turki,\r\nmereka dihadapi pada tarik-menarik dan pertarungan ideologis yang tiada llenti. TimurTengah\r\ndigambarkan oleh sejumlah pakar sebagai theatre of conflict. 3 Kepentingan politik\r\nluar negeri cukup memberikan pengaruh yang sangat luar biasa akibat kolonialisme yang\r\nterus bertengger hingga sekarang ini. Tumbuhnya ideologi Pan-Islamisme yang terus\r\nmenguat di Timur-Tengah sejak awal tahun 20-an tidak bisa dipisahkan dari konteks\r\nkolonialisme yang menancapkan taringnya sejak abad ke-18.\r\nDeklarasi kemerdekaan Israel pada tahun 1948 atas prakarsa Inggris melalui Deklarasi\r\nBalfour semakin melambungkan ideologi perlawanan terhadap Barat. Bahkan untuk\r\nmelanggengkan misinya, Barat berkoalisi dengan rezim-rezim otoriter. Langkah tersebut\r\nsejauh ini relatifberhasil dalam mengamankan kepentingan Israel di Timur-Tengah.\r\nNamun, revolusi yang bergelayut di Tunisia pada awal tahun 2011, lalu merambah ke\r\nMesir, Libya, Yaman, Suriah, Bahrain, Arab Saudi, dan Kuwait telah melahirkan zaman baru\r\ndi Timur-Tengah. Rezim-rezim otoriter yang begitu powerful rr1enancapkan taring\r\nkekuasaannya di Timur-Tengah harus mengakhiri kekuasaan dan ajalnya secara tidak\r\nterhormat. Zein Abidin Ben Ali di Tunisia yang berkuasa dari tahun 1987-2011 harus\r\ndiekstradisi ke Arab Saudi, Hosni Mubarak yang berkuasa dari tahun 1981-2011 dipaksa\r\nmengundurkan diri dan hidup di kasur pesakitan, Moarnrnar Qaddafi yang berkuasa dari\r\ntahun 1969-2011 dibunuh secara tidak terhormat oleh rakyatnya sendiri, dan Ali Abdullah\r\nSaleh yang berkuasa dari tahun 1978-2011 mengundurkan diri dan dibom oleh oposisi.\r\nSedangkan rezim Bashar al-Assad masih menunggu giliran kejatuhannya, cepat atau lambat.\r\nPertanyaannya, apa saja dampak-dampak yang akan terjadi pasca-jatuhnya rezim-rezim\r\notoriter tersebut? Siapa aktor politik pasca-revolusi? Bagaimana masa depan Timur-Tengah\r\npasca-revolusi? Apa dampaknya bagi keamanan global?"^^ . "2016-04-18" . . . . . . . . "ZUHAIRI"^^ . "MISRAWI"^^ . "ZUHAIRI MISRAWI"^^ . . . . "Seminar Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) bekerjasama dengan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . "Yogyakarta"^^ . . . . . . "TIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME) (Text)"^^ . . . . "ZUHAIRI MISRAWI - TIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME).pdf"^^ . . . "TIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20045 \n\nTIMUR TENGAH PASCA-REVOLUSI (ISLAMISME, DEMOKRASI, KOMFLIK ISRAEL-PALESTINA, DAN GLOBALISASI TERORISME)\n\n" . "text/html" . . . "Politik Islam"@id . .