eprintid: 2009 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/09 lastmod: 2012-05-04 16:41:57 status_changed: 2012-05-04 16:41:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TRISNA DAMAYANTI NIM: 04451077, title: UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2007/2008 ispublished: pub full_text_status: none keywords: Think Pair Share, Kerjasama, Prestasi, SMA Negeri 2 Playen. note: Pembimbing : Satino, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran biologi dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada materi pokok sistem indera pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Playen dan untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan prestasi belajar siswa melalui penerapan Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Playen tahun ajaran 2007/2008. Data yang dikumpulkan berupa data kerjasama siswa dalam kelompok dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data kerjasama yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam kerjasama. Data pre-test dan post-test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post-test siklus II dengan nilai rata-rata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat diterapkan pada pembelajaran Biologi materi pokok sistem indera siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Playen. Cooperative Learning tipe Think Pair Share juga dapat meningkatkan kerjasama dan pretasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Playen. Peningkatan kerjasama siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek kerjasama yang meliputi aspek memberikan ide atau pendapat naik 12 %, menerima pendapat orang lain naik 4 %, melaksanakan tugas yang diberikan oleh kelompok naik 24 %, aspek sifat membantu sesama teman naik 4 %, dan aspek yang terakhir adalah kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok naik 44 %. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 1,12. date: 2009-05-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-06 11:46:56 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--trisnadama-1713-1-trisnad-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--trisnadama-1713-1-trisnad-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2093 ; nama file lama : TRISNA DAMAYANTI 04451077 SUPAYA PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA ; format file : application/pdf ; besar file : 1514105 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-06 11:46:56 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--trisnadama-1713-1-trisnad-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--trisnadama-1713-1-trisnad-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2093 ; nama file lama : TRISNA DAMAYANTI 04451077 SUPAYA PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA ; format file : application/pdf ; besar file : 1514105 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: TRISNA DAMAYANTI NIM: 04451077, (2009) UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.