%0 Thesis %9 Skripsi %A Bukhari Ahmad Yasir NIM : 03420237, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2009 %F digilib:2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Problematika, Pembelajaran, Terjrmah, MAN Gandekan Bantul %T PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TERJEMAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2011/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang permasalahan permasalahan yang terjadi pada terjemah bahasa Arab-Indonesia dalam pembelajaran Terjemah pada kelas XI MAN Gandekan Bantul menurut teori yang ada, dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami para siswa MAN Gandekan Bantul dalam pembelajaran terjemah, serta untuk mengetahui usahausaha yang dilakukan oleh guru maupun siswa dalam meningkatkan kompetensi terjemah di MAN Gandekan Bantul. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran terjemah bahasa Arab umumnya, dan khususnya MAN Gandekan Bantul sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan sebuah error analysis siswa MAN Gandekan Bantul dalam menerjemah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI MAN Gandekan Bantul mengalami kesulitan dalam menerjemah bahasa Arab yang ada pada teks mata pelajaran bahasa Arab. Kesulitan terjemah menurut mereka tidak hanya terletak pada penelusuran arti di kamus saja. Melainkan semua yang berhubungan dengan bahasa Arab dianggap sulit baik itu gramatikal dan leksikalnya, pemilihan kata, bahkan tulisan dan cara membacanya, terbukti dengan hasil analisa angket 55,26% mereka mengatakan bahasa Arab sulit semua. Dan dari hasil test kemampuan menerjemah mendapatkan nilai dibawah standar, skor rata-rata dari hasil tes tersebut 28,94 Untuk menanggulangi kesulitan-kesulitan menerjemah yang dialami oleh siswa kelas XI MAN Gandekan Bantul. Guru bahasa Arab kelas XI MAN Gandekan Bantul telah mengadakan beberapa upaya untuk menanggulanginya seperti: guru selalu mengadakan evaluasi pembelajaran. menyuruh siswa untuk banyak menghafal mufrodat, menyuruh siswa untuk banyak-banyak berlatih menerjemahkan teks Arab sedikit demi sedikit yang penting kontinyu dan lain sebagainya %Z Pembimbing : H. Tulus Musthafa L.C, M.A,