TY - INPR CY - Yogyakarta ID - digilib20158 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20158/ IS - Vol. 1 A1 - Marhumah, Ema Y1 - 2016/02// N2 - Sebetulnya menerbitkan buku ini sudah lama menjadi keinginan penulis, terutama setelah dunia pendidikan ramai membicarakan tentang pendidikan karakter, sebuah konsep pendidikan yang mengarahkan kepada anak didik untuk menumbuhkan budi pekerti (akhlak), pikiran, dan tubuh anak didik menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam proses pendidikan agar anak didik bisa tumbuh dalam pertumbuhan yang sempurna. Hal ini juga dilandasi ketertarikan penulis dengan tulisan Wakil Presiden RI, Boediono, yang melihat bahwa perkembangan pembangunan Indonesia, salah satu indikator utamanya adalah adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai Soft Skill (warga negara yang baik) dan Hard Skill (pekerja yang baik) (Boediono, Kompas, 27 Agustus 2012). Hal ini sesuai konsep yang dikembangkan dalam Islam, yakni adanya keseimbangan antara pendidikan hati nurani, pendidikan kecerdasan, dan pendidikan jasmani. Topik ini banyak disebutkan dalam hadis-hadis yang merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah al- Qur?an. Tema-tema tentang pendidikan karakter sangat banyak dibicarakan, seperti kerja keras, jujur, disiplin, rajin, ikhlas, dermawan, istiqamah merupakan tematema terkait dengan pendidikan karakter. PB - SUKA-Press, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta T3 - Buku Ajar KW - Hadis SN - 978-979-8547-77-5 TI - Kontekstualisasi Hadis dalam Pendidikan Karakter AV - restricted EP - 278 ER -