@phdthesis{digilib20160, month = {March}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN TEMATIK DI SD NEGERI MINOMARTANI 6 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 09410167 AKHMAD TRIYONO}, year = {2016}, note = {Drs. Rofik. M.Ag}, keywords = {Karakteristik Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Tematik, SD Negeri Minomartani 6 Yogyakarta.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20160/}, abstract = {AKHMAD TRIYONO.Implementasi Pendekatan Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Tematik Di SD Negeri Minomartani 6 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas IlmuTarbiyahdanKeguruanUniversitas Islam NegeriSunanKalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan tematik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan buku pedoman pembelajaran tematik yang disusun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun 2009dan mengetahuiimplementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan tematik di SD Negeri Minomartani 6 Yogyakarta. PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganmengambillatarSD Negeri Minomartani 6Sleman Yogyakarta sebagailokasi penelitian.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Pemeriksaankeabsahan data dilakukandenganmenggunakantriangulasi.Triangulasi yang digunakanadalahtriangulasisumberdanmetode.Analisis data dilakukandenganlebihdahulumemfokuskanpada data yang pentingkemudiandisajikandalamteks yang bersifatnaratif, grafik, atau chart danditarikkesimpulandenganmemaparkansecaradeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik pendekatan tematik yang dilakukan oleh peneliti dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri Minomartani 6 Yogyakarta pada pedoman pembelajaran tematik sesuai dengan buku pedoman pembelajaran tematik yang disusun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun 2009yaitu pembelajaran dengan pendekatan tematik memiliki karakteristik antara lain berpusat pada peserta didik, memberikan pengalaman langsung, pemisahan aspek tidak begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai aspek, bersifat fleksibel, hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik, dan mengutamakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan.(2) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan tematik di SD NegeriMinomartani 6 Yogyakarta yang dilaksanakanolehpenelitidan guru telah disesuaikan denganpedomanpembelajaran tematik pada mata pelajaran PAI untuk Sekolah Dasar yang disusunolehDirektorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI pada tahun 2009. Ada dua tahap dalam pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran PAI yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan terdiri dari pemetaan standar kompetensi dasar dan indikator dalam tema, penetapan jaringan tema, penyusunan silabus, dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan tahap pelaksanaan terdiri dari kegiatan pendahuluan/awal pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup/akhir dan tindak lanjut.} }