relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20173/ title: PROSES INTEGRASI PEMIKIRAN ANTI SEKULARISME DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT BADIUZZAMAN SAID NURSI creator: ANGELIA YULIANTI, NIM. 12410028 subject: Pendidikan Agama Islam description: ANGELIA YULIANTI. Proses Integrasi Pemikiran Anti Sekularisme dengan Pendidikan Agama Islam menurut Badiuzzaman Said Nursi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya anggapan bahwa antara ilmu dan agama tidak disatupadukan. Keduanya memiliki wilayah sendiri-sendiri sehingga terksesan dikotomis. Begitupun dalam praktik pendidikan, sehingga muncul pemisahan antara kelompok ilmu profane yaitu ilmu-ilmu keduniaan yang kemudian melahirkan perkembangan sains dan teknologi dihadapkan pada ilmu-ilmu agama pada sisi lain. Sebab, segala yang terjadi di alam semesta ini tidak hanya dapat dipelajari dengan salah satu ilmu saja, melainkan harus dengan ilmu agama dan sains teknologi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep anti sekularisme menurut Badiuzzaman Said Nursi dan bagaimana proses integrasinya dengan pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses integrasi anti sekularisme dengan pendidikan agama Islam menurut Badiuzzaman Said Nursi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh instansi pendidikan agar tidak membeda-bedakan antara ilmu umum dengan ilmu agama sehingga peserta didik menjadi insan yang pandai dalam ilmu umum maupun agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Jenis pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan filosofis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi isi buku, kemudian dianalisis dan dikonfirmasikan dengan data yang ada, lalu menyusun klasifikasi sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep anti sekularisme menurut Badiuzzaman Said Nursi adalah bahwa segala yang terdapat di alam semesta yang melahirkan ilmu sains merupakan kepunyaan-Nya sehingga wajib diyakini dengan keimanan, juga perlunya keimanan terhadap kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Proses integrasi anti sekularisme dengan pendidikan agama Islam dapat diaplikasikan dalam tujuan pendidikan agama Islam yaitu menjadikan tauhid sebagai landasan pendidikan; dan juga dalam kurikulum pendidikan agama Islam. date: 2016-03-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20173/2/12410028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20173/1/12410028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ANGELIA YULIANTI, NIM. 12410028 (2016) PROSES INTEGRASI PEMIKIRAN ANTI SEKULARISME DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT BADIUZZAMAN SAID NURSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.