relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20175/ title: KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF QUANTUM IKHLAS creator: LUTPIYANA MARDATILLAH, NIM. 12410032 subject: Pendidikan Agama Islam description: LUTPIYANA MARDATILLAH. Konsep Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Pada Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Quantum Ikhlas. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah konsep kecerdasan IQ yang dipandang sebagai ukuran kesuksesan hidup, padahal mengandalkan IQ saja tidak cukup untuk hidup bermasyarakat dan bukan satusatunya penentu kesuksesan individu, diperlukan kecerdasan lain seperti EQ dan SQ. Quantum Ikhlas sebagai sebuah aplikasi dan teknologi yang ingin mengsinergikan semua kecerdasan tersebut sebagai sebuah metode aplikatif yang unik dan terintegrasi ke dalam proses pembelajaran PAI. Pertemuan kecerdasan emosional dengan quantum ikhlas adalah pada heartfocus atau heartwave management yaitu titik tengah antara masalah dan solusi. Kemudian, pertemuan antara kecerdasan spiritual dengan quantum ikhlas adalah terletak pada soulfocus atau soulwave management dimana kecerdasan jiwa dalam esensi kehidupan selaras dengan pikiran dan perasaan. Quantum ikhlas mengkolaborasikan kecerdasan hati dan jiwa dengan konsep positive thinking menjadi positive feeling. Penelitian ini adalah penelitian literer kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan psikologi karena penelitian ini mengungkapkan sisi-sisi kemampuan atau potensi manusia secara emosional dan spiritual dengan memberdayakan akal dan hati nya. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dalam melakukan pengumpulan data. Dokumen terkait meliputi buku-buku yang relevan dengan penelitian seperti buku tentang psikologi, tentang pengembangan diri, dan juga buku yang berkitan dengan ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep kecerdasan emosional dan spiritual pada PAI dalam perspektif quantum ikhlas mempunyai konsep sebagai berikut: a) melatih kepekaan hati dan juga memanfaatkan alam sekitar dan manusia sebagai “alat” untuk mencari problem solving suatu kejadian atau peristiwa berdasarkan Al-Qur‟an dan Sunnah, karena konsep quantum ikhlas yang mengedepankan fitrah manusia yang sudah sempurna dan memang fitrah manusia untuk sempurna. b) Menanamkan nilai-nilai spiritual yang berujung pada kecerdasan rohani, sehingga nalar individu pun ikut mengetahui esensi makna yang terkandung dalam setiap perbuatannya. c) konsep Zona Ikhlas yang terletak di setiap keyakinan atau perasaan manusia yang akan mengundang berbagai kemudahan yang tidak diduga-duga karena kekuatan hati ternyata lebih dahsyat pengaruhnya terhadap cara pandang dan pola pikir seseorang. date: 2016-03-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20175/2/12410032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20175/1/12410032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: LUTPIYANA MARDATILLAH, NIM. 12410032 (2016) KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF QUANTUM IKHLAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.