eprintid: 20178 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/01/78 datestamp: 2016-04-19 04:32:24 lastmod: 2016-04-19 04:32:24 status_changed: 2016-04-19 04:32:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DENY RACHMAN ARIF, NIM. 12410043 title: PENGARUH TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL PRIMER SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 PAKEM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kepuasan Pelaggan, Prestasi Belajar note: Dr. Karwadi, M.Ag. abstract: Deny Rachman Arif, Pengaruh Tingkat Kepuasan Pelanggan Internal Primer Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pakem : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah melihat kondisi yang terjadi di SMA Negeri 1 Pakem, didapati bahwa prestasi belajar PAI di SMA Negeri 1 Pakem rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu faktor internal siswa, faktor eksternal siswa, faktor pendekatan belajar dan faktor pelayanan pelanggan. Dari beberapa faktor tersebut di SMA Negeri 1 Pakem belum diadakan pengukuran seberapa besar pengaruh faktor tersebut terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh tingkat kepuasan pelanggan internal primer siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini mengambil sampel 30% dari jumlah populasi kelas XI (143 siswa) yaitu sebanyak 43 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir pernyataan tingkat kepuasan pelanggan internal primer siswa terdapat 28 butir soal yang valid. Sedangkan analisis reliabilitas menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,740 yang dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Tingkat kepuasan pelanggan internal primer siswa SMA Negeri 1 Pakem berada dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan hasil mean 83,86 yang berada pada kategori “baik”. 2). Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Pakem berada dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan mean 71,08 yang berada pada kategori “Baik”.3). Pengaruh tingkat kepuasan pelanggan internal primer siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Pakem adalah terdapat pengaruh yang nyata (signifikan) sebanyak 2,4% date: 2016-03-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DENY RACHMAN ARIF, NIM. 12410043 (2016) PENGARUH TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL PRIMER SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20178/2/12410043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20178/1/12410043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf