eprintid: 20179 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/01/79 datestamp: 2016-04-19 04:33:52 lastmod: 2016-04-19 04:33:52 status_changed: 2016-04-19 04:33:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KUNCORO HERI SETIAWAN, NIM. 12410049 title: KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PROSES BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA TUNA RUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Dr. Sabarudin, M.Si. abstract: KUNCORO HERI SETIAWAN. Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Proses Bimbingan Belajar Terhadap Peserta Didik Tuna Rungu di SMA Negeri 1 Sewon. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan penulis terhadap peserta didik difabel khususnya tuna rungu dalam proses bimbingan belajar. Karena peserta didik tuna rungu adalah peserta didik yang memiliki kekurangan dalam hal pendengaran.karena itulah dalam proses bimbingan belajar peserta didik tuna rungu harus menggunakan metode khusus agar proses bimbingan belajar dapat berjalan maksimal. SMA Negeri 1 Sewon adalah salah satu sekolah menengah umum yang menerima peserta didik difabel sebagai muridnya. Selain itu SMA Negeri 1 Sewon juga memiliki program sekolah klinik (klinik sekolah), program ini adalah program yang diperuntukkan bagi peserta didik yang membutuhkan bimbingan belajar dari guru mata pelajaran tersebut tanpa terkecuali bagi peserta didik difabel tuna rungu. . Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA Negeri 1 Sewon Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawan cara mendalam dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data, penulis menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi data. Untuk analisis data peneliti menggunakan data reduction, data display dan clonclution drawing. Masalah yang diangkat oleh peneliti adalah Kompetensi guru PAI serta Implementasinya dalam proses bimbingan belajar terhadap peserta didik difabel tuna rungu. Hasil penetilian menunjukkan : 1) Kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Sewon sudah cukup baik, namun guru PAI masih belum mengoptimalkan keterlibatan orang tua dalam upaya mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik. 2) dalam pengimplementasian kompetensi sosial guru dalam proses bimbingan belajar, sudah cukup baik. Guru PAI menggunakan pendekatan personal/individual dalam memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik difabel tuna rungu. Namun masih ada salah satu guru yang masih belum menjalin kedekatan personal kepada peserta didik, sehingga ketika peserta didik difabel tuna rungu ingin bertanya dan meminta bimbingan, peserta didik masih canggung dan malu. date: 2016-03-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KUNCORO HERI SETIAWAN, NIM. 12410049 (2016) KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PROSES BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA TUNA RUNGU DI SMA NEGERI 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20179/2/12410049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20179/1/12410049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf