relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20192/ title: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DISIPLIN SHALAT MUALAF DI MAJELIS MUHTADIN YOGYAKARTA creator: FAIRUZ TSAQILAH, NIM. 12410111 subject: Pendidikan Agama Islam description: Fairuz Tsaqilah. Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Disiplin Shalat pada Mualaf di Majelis Muhtadin Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pelaksanaan pendidikan agama Islam di Majelis Muhtadin Yogyakarta yang masih belum terstruktur dan kurang maksimal terhadap mualaf-mualaf binaannya yaitu masih seperti ke majelis taklim biasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan kualitatif. Penelitian ini mengambil latar Majelis Muhtadin Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: pendidikan agama Islam di Majelis Muhtadin kepada mualaf yaitu proses mengajarkan materi-materi keagamaan baik yang bersifat teori, praktek, serta keteladanan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman serta mengarahkan dan mengajarkan seseorang agar berperilaku sesuai tuntunan agama dan dapat mengatur hidupnya dengan berpegang pada pedoman agama. Tujuan dari pendidikan agama Islam yaitu menguatkan keimanan jemaah terhadap Allah serta pembinaan agar mualaf tidak kembali ke agamanya yang dahulu serta membimbing jemaah Muhtadin agar istiqomah dalam mengamalkan segala perintah Allah sehingga tercapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Materi-materi yang disampaikan yaitu akidah, akhlak, dan syariah yang terdiri dari tema tentang kristologi, akidah, fikih ibadah, fikih dakwah, sukses tanpa riba, bisnis Islam, mualaf menuju tahfidh, manajemen kalbu, dan tafsir Al Quran. Cara yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, pengajian, pendidikan melalui bacaan, dan cara yang tidak formal dengan metode pendidikan dengan hiwar qurani dan nabawi, kisah qurani dan nabawi, perumpamaan, teladan, latihan dan pengamalan, „Ibrah dan Mau‟izah, serta Targhib dan Tarhib. Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam, Majelis Muhtadin belum melaksanakan evaluasi sebagaimana seharusnya pelaksanaan pendidikan. Pendidikan agama Islam yang didapat oleh mualaf di majelis Muhtadin berimplikasi terhadap disiplin shalat mualaf. Mualaf dengan kategori rajin mengikuti pendidikan agama Islam dengan yang jarang mengikuti pendidikan agama Islam memiliki kedisiplinan shalat yang sama, yaitu termasuk kedalam disiplin shalat sesuai indikator. Faktor pendukung pendidikan agama Islam kepada mualaf yaitu tersedianya sarana prasarana yang menunjang, kesiapan pengajar untuk melakukan pendidikan, kesiapan pengurus menangani permasalahan mendadak yang dialami mualaf. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan banyak datang dari mualaf seperti ketidakhadiran mualaf, kedisiplinan mualaf dalam menghadiri majelis masih kurang, manajemen waktu yang belum stabil. date: 2016-03-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20192/2/12410111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20192/1/12410111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: FAIRUZ TSAQILAH, NIM. 12410111 (2016) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DISIPLIN SHALAT MUALAF DI MAJELIS MUHTADIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.