TY - THES N1 - Dr. Sangkot Sirait, M.Ag ID - digilib20193 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20193/ A1 - NABILA RIZKIA, NIM. 12410112 Y1 - 2016/03/28/ N2 - Nabila Rizkia Integrasi ?Aqliyyah dan Nafsiyyah dalam Pembelajaran PAI di kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak Banyumas. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah tujuan Pendidikan agama Islam salah satunya untuk membentuk kepribadian, dalam Islam kepribadian di dasarkan pada ?aqliyyah dan nafsiyyah, SD Islam Darul Falah menggunakan ?aqliyyah yang mengarah kepada konsep dan nafsiyyah yang mengarahkan kepada praktik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskripttif. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak Banyumas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Integrasi ?aqliyyah dan nafsiyyah dalam pembelajaran PAI di kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak menggunakan dua model yaitu model keterpaduan dan jaringan laba-laba berisi tentang materi PAI di kelas III dibagi menjadi tiga mata pelajaran yaitu Qur?an Hadits, Akidah Akhlak dan Fiqih, guru harus memiliki ciri-ciri memiliki ketrampilan berpikir kritis, ketrampilan berpikir kreatif, kepekaan sosial, siswa di kelas III sebagai objek pembelajaran ada beberapa ketrampilan yang harus dikembangkan yaitu ketrampilan mengamati, ketrampilan mengklafikasi, ketrampilan menafsirkan, ketrampilan menerapkan dan ketrampilan mengkomunikasikan, metode yang digunakan yaitu metode demontrasieksperimen, metode ceramah variasi, metode reflection, metode pembiasaan, media yang digunakan antara lain buku cetak, video, slide power point, gambar. (2) Implikasi dari Integrasi ?Aqliyyah dan nafsiyyah dalam Pendidikan Agama Islam di Kelas III SD Islam Darul Falah Gumelar Lor Tambak sebagai berikut menjadikan kepribadian muslim untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan kepribadian manusia (peserta didik) secara menyeluruh dan seimbang yang dilakukan melalui latihan jiwa, akal pikiran, diri manusia yang rasioanal, perasaan dan indra, kedua meningkatkan prestasi belajar, meningkatkan hafalan dan meningkatkan ketrampilan fisik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - ?Aqliyyah KW - Nafsiyyah KW - Pendidikan Agama Islam M1 - skripsi TI - INTEGRASI ?AQLIYYAH DAN NAFSIYYAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS AV - restricted ER -