relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20206/ title: STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN NONDIKOTOMI MENURUT FAZLUR RAHMAN DAN AMIN ABDULLAH creator: SITI WARDATUL ROMIYATI, NIM. 12410176 subject: Pendidikan Agama Islam description: Siti Wardatul Romiyati. Studi Komparasi Pendidikan Nondikotomi Menurut Fazlur Rahman dan Amin Abdullah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta. 2016. Penelitian ini berlatar belakang dari dampak pendidikan dikotomi yang telah menciptakan kesenjangan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Sesungguhnya tujuan dari pendidikan Islam yaitu membentuk manusia yang berkepribadian muslim dalam rangka melaksanakan tugas kekhalifahan dan peribadahan kepada Allah untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, sehingga pendidikan harus dapat menyeimbangkan dan menyelaraskan baik material-spiritual, Individu maupun sosial, pengetahuan dan moral yang terintegrasi dalam kerangka yang utuh dan diharapkan dapat mencapai keseimbangan hidup antara dunia dan akhirat. Sehingga penulis tertarik untuk mengkaji bagaimanakah konsep pendidikan nondikotomi Fazlur Rahman dan Amin Abdullah, yang nantinya akan dapat memecahkan masalah-masalah pendidikan yang terjadi di negeri ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pendidikan nondikotomi menurut Fazlur Rahman, (2) Untuk mengetahui bagaimana pendidikan nondikotomi menurut Amin Abdullah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Studi Pustaka (Library Research), ialah penelitian teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap literature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topic penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Metode yang digunakan untuk menganalisis isi adalah (Content Analisis), metode ini merupakan analisis ilmiah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Dalam konteks ini peneliti mengkaji dari pemikiran Fazlur Rahman dan Amin Abdullah mengenai konsep pendidikan nondikotomi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pendidikan nondikotomi menurut Fazlur Rahman ada tiga pendekatan, yaitu (a) menerima pendidian sekuler modern dengan ”mengislamkannya”, (b) menyederhanakan silabus-silabus tradisional, dan (c) menggabungkan dan memadukan cabang-cabang pengetahuan modern dengan cabangcabang pengetahuan lama. (2) pendidian nondikotomi menurut Amin Abdullah yaitu dengan pendekatan integratif-interkonektif yang digambarkan dengan jaring laba-laba keilmuan, dimana al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sentral ilmu dan antara berbagai disiplin ilmu saling berinteraksi, saling bedialog, dan saling menghargai terhadap kehadiran ilmu yang lainnya. (3) Persamaan Fazlur Rahman dan Amin Abdullah, keduanya merupakan pemikir dalam kategori Neo-Modernisme. (4) Perbedaan pemikiran Fazlur Rahman hanya berupa sebuah kerangka pemikiran sedangkan pemikiran Amin Abdullah telah diformulasikan dan diaplikasikan. date: 2016-03-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20206/2/12410176_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20206/1/12410176_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: SITI WARDATUL ROMIYATI, NIM. 12410176 (2016) STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN NONDIKOTOMI MENURUT FAZLUR RAHMAN DAN AMIN ABDULLAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.