<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA)"^^ . "ISNAENI HOLISOH. Konsep Pendidikan Karakter pada Anak (Studi\r\nKomparasi Pemikiran Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara), Skripsi,\r\nYogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah krisis moral yang terjadi di\r\nIndonesia sudah mengkhawatirkan. Pendidikan karakter menjadi sangat penting\r\nuntuk menghadapi krisis moral tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik mengkaji\r\npemikiran Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan karakter\r\npada anak. Penulis tertarik mengkaji pemikiran Thomas Lickona karena ia\r\nmemiliki ketertarikan dengan pendidikan dan perkembangan karakter anak. Dan\r\nketertarikan penulis kepada tokoh Ki Hajar Dewantara karena ia menaruh\r\nperhatian di bidang pendidikan, salah satunya dengan mendirikan Taman Siswa\r\ndan aktif menulis di berbagai media khususnya pendidikan. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk menganalisis persamaan dan perbedaan konsep pendidikan\r\nkarakter pada anak pemikiran Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara serta\r\nuntuk menganalisis relevansi konsep pendidikan karakter pada anak pemikiran\r\nThomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan\r\npada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan yaitu\r\npendekatan historis, filosofis dan komparatif. Pengumpulan data menggunakan\r\nmetode dokumentasi dengan mencari data yang relevan pada buku, artikel, dan\r\nsumber lain yang terkait dengan penelitian. Analisis data menggunakan metode\r\nanalisis isi (content analysis), langkah-langkahnya yaitu reduksi data, display\r\ndata, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian yaitu pendidikan karakter pada anak menurut Thomas\r\nLickona adalah usaha yang disengaja untuk menumbuhkan kebajikan moral dan\r\nintelektual melalui setiap fase dari kehidupan sekolah anak, bertujuan untuk\r\nmembimbing anak supaya menjadi cerdas dan baik. Metodenya mengunakan\r\nceramah, diskusi, tanya jawab, problem solving, keteladanan, dan refleksi.\r\nPendekatannya yaitu guru sebagai seorang pengasuh, model, dan mentor;\r\nmenciptakan komunitas bermoral di kelas; disiplin moral; menciptakan\r\nlingkungan kelas demokratis; mengajarkan nilai-nilai melalui kurikulum; serta\r\npendekatan pembelajaran kooperatif. Pendidikan karakter pada anak menurut Ki\r\nHajar Dewantara adalah penanaman nilai-nilai kebenaran (cipta), keindahan\r\n(rasa), dan kebaikan (karsa) pada anak, bertujuan menuntun kekuatan kodratnya\r\nanak dan setiap anak dapat menguasai dirinya. Metodenya ngerti, ngrasa, dan\r\nnglakoni. Pendekatannya yaitu pendekatan humano holistik (kepribadian integral),\r\nkurikulum integratif, dan metodologis okasional. Persamaannya yaitu pengertian,\r\ntujuan, dan pusat pendidikan karakter pada anak, serta fokus perhatian Thomas\r\nLickona dan Ki Hajar Dewantara terhadap anak. Perbedaannya pada metode,\r\npendekatan, serta tahap pendidikan karakter pada anak. Relevansinya dengan PAI\r\nyaitu pada pengertian, tujuan, metode, dan pusat pendidikan karakter pada anak."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410205"^^ . "ISNAENI HOLISOH"^^ . "NIM. 12410205 ISNAENI HOLISOH"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Text)"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Text)"^^ . . . "12410205_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20215 \n\nKONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK \n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .