<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS)"^^ . "Yunita Nindya Susanti. Pembentukan karakter religius siswa dalam\r\npembelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 4 Yogyakarta perspektif Neurosains.\r\nSkripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nLatar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan menurunya karakter\r\nsiswa dan upaya Guru PAI dalam meningkatkan karakter, belum ditemukan pola\r\npembelajaran PAI yang mengarah pada optimaliasi potensi otak sehat untuk\r\npembentukan karakter sebagaimana dalam neurosains. Karena itulah penelitian ini\r\ndilakukan untuk melihat pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Yogyakarta dari sudut\r\npandang Neurosains yang menekankan pada pembentukan karakter religius.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di\r\nSMA Negeri 4 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain\r\nmenggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul\r\nkemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, display data, dan kesimpulan.\r\nAdapun penelitian ini memakai teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan\r\ntrianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik dan waktu.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses yang digunakan oleh guru untuk\r\nmembentuk karakter religius siswa dalam pembelajaran PAI yaitu dengan persiapan\r\nyang matang dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berupa\r\nmemperkaya materi dari : kisah teladan, video. Dan strategi yang digunakan yaitu:\r\nberdo’a bersama sebelum dan sesudah kegiatan belajar, tadarus pagi, memberikan\r\nkateladanan, memberikan motivasi, memanfaatkan media ( media visual,\r\nmultimedia). Proses pembentukan karakter religius siswa dalam pembelajaran PAI\r\nperspektif ilmu neuorsains: bahwa siswa kelas XC mempunyai otak normal dan otak\r\nsehat namun belum maksimal dalam menggunakanya hanya condong pada salah satu\r\nyaitu kepada emosional, atau spiritual, atau rasional dan belum menyentuh aspek\r\nkeseluruhan secara bersama-sama. Hasil pembentukan karakter religius jika ditelusuri\r\ndengan mengintegrasikan teori Thomas Lickona dan neuorsains: 1.Moral Knowing :\r\npola pembelajaran PAI yang dilaksanakan masih doktrinal pedagogis dan kurang\r\nsesuai dengan cara kerja otak yang rasional empiris. Dan belum menyentuh area\r\nkorteks prefontal siswa. Implikasinya, pengetahuan hanya dihafalkan, bukan\r\ndiamalkan. 2. Moral loving: siswa senantiasa mengawali dan mengakhiri proses\r\npembelajaran dengan berdoa. menurut neurosains telah membuktikan bahwa otak\r\ndalam keadaan berdoa maka otak sedang berfikir tentang Tuhan, sehingga sirkuit\r\nspiritual akan aktif. 3. Moral Doing: pembiasaan tadarus pagi, menurut neurosains,\r\nmembiasakan peserta didik untuk mengaji akan merangsang Impuls-impuls positif\r\ndalam neokortek dan tersimpan di sistem otak, Sehingga akan masuk dalam otak\r\nbawah sadar siswa. Berbagai Stimulasi edukatif untuk membentuk karakter religius\r\nsiswa dalam pembelajaran yaitu dengan story telling, story drawing, stroy reading,\r\nbermain peran/ sosiodrama, quranic story science dan prophetic story science."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410232"^^ . "YUNITA NINDYA SUSANTI"^^ . "NIM. 12410232 YUNITA NINDYA SUSANTI"^^ . . . . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Text)"^^ . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Text)"^^ . . . "12410232_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM\r\nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA\r\n(PERSPEKTIF NEUROSAINS) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20220 \n\nPEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM \nPEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA \n(PERSPEKTIF NEUROSAINS)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .