%0 Thesis %9 Skripsi %A ANDRI UTAMI, NIM. 12410236 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2016 %F digilib:20221 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bentuk Keluarga, Hasil Belajar Akidah-Akhlak %T PENGARUH BENTUK KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH-AKHLAK SISWA KELAS VII MTS N BANTUL KOTA TAHUN AJARAN 2015/2016 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20221/ %X ANDRI UTAMI. Pengaruh Bentuk Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akidah-Akhlak Siswa Kelas VII MTs N Bantul Kota Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa orang tua/keluarga memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian bahkan intelektual seorang anak. MTs N Bantul Kota adalah sekolah yang mendukung hal tersebut. Terlihat dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) madrasah ini melakukan tes wawancara, selain mensyaratkan nilai kelulusan (NIM). Tes wawancara ini meliputi baca tulis Al-Quran, tahfidz dan sholat wajib, kepribadian, serta latar belakang orang tua/keluarga, dimana jika tidak memenuhi kriteria ideal akan dikenakan pengurangan poin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan macam- macam bentuk keluarga dan hasil belajar Akidah-Akhlak, serta menguji secara empiris pengaruh bentuk keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs N Bantul Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar MTs N Bantul Kota. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Bantul Kota. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji chi-square untuk mengetahui pengaruh antara bentuk keluarga terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat lima macam bentuk keluarga siswa kelas VII MTs N Bantul kota, yaitu Nuclear Family, Extended Family, Single Parent Family, Reconstituted Family dan bentuk lainnya (Others). (2) Hasil belajar Akidah-Akhlak siswa kelas VII MTs N Bantul Kota tahun 2015/2016 dari aspek kognitif (pengetahuan) termasuk dalam kategori sedang. Kemudian aspek afektif (sikap) termasuk baik, dan untuk aspek psikomotor (keterampilan) berada termasuk dalam kategori sedang. (3) Tidak ada pengaruh antara bentuk keluarga terhadap hasil belajar Akidah-Akhlak siswa kelas VII MTs N Bantul Kota tahun ajaran 2015/2016 (aspek kognitif χ2= 3,946, db= 8, p > 0,05; aspek afektif χ2= 3,067, db= 4, p > 0,05; dan aspek psikomotor χ2= 3,409, db= 8, p > 0,05).