<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH"^^ . "Swadesa Marahinti, Penerapan Model Numbered Head Together (NHT)\r\ndalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah\r\nDarussalam Prabumulih. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam\r\nFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.\r\nSalah satu kelemahan proses pembelajaran diantaranya adalah kurangnya\r\nvariasi dalam metode pembelajaran, sehingga kreatifitas siswa tidak dapat\r\ndikembangkan jika guru hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja,\r\nmisalnya metode ceramah. Dengan demikian, diperlukan adanya variasi metode\r\npembelajaran, khususnya dalam pelajaran akidah akhlak. Hal ini disadari bahwa\r\nmata pelajaran akidah akhlak tidak hanya menyangkut aspek kognitif saja,\r\nnamun juga aspek afektif. Untuk itu perlu diterapkan model cooperative\r\nlearning tipe NHT dalam rangka menumbuhkembangkan motivasi dan prestasi\r\nbelajar. Permasalahannya, apakah penerapan model Numbered Head Together\r\nmampu meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs\r\nDarussalam Prabumulih?\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau\r\nclassroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan\r\npembelajaran, yaitu sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi\r\ndalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus\r\nterhadap 23 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan\r\n(perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan) dan reflect (refleksi).\r\nPengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan\r\ndokumentasi. Tingkat motivasi dan prestasi siswa dinyatakan dengan kategori\r\nrendah, sedang, dan tinggi.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Penerapan model\r\nnumbered head together (NHT) di MTs Darussalam dalam pembelajaran aqidah\r\nakhlak bisa diterapkan dengan baik. Guru dapat melaksanakan sesuai prosedur\r\nyang telah disiapkan. Siswa sangat antusias dan merasa senang dengan model\r\npembelajaran NHT tersebut, Penerapan model NHT dalam dua siklus dan\r\ndilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu pembentukan kelompok (penomoran),\r\nmempersiapkan buku paket atau buku panduan, diskusi masalah, dan memanggil\r\nnomor anggota atau pemberian jawaban. Kedua, adanya peningkatan motivasi\r\ndan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs\r\nDarussalam Prabumulih terlihat dari meningkatnya prestasi belajar. Pada siklus I\r\nketuntasan belajar siswa baru mencapai 65,22% (sedang), atau dapat dikatakan\r\npada siklus I ini ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai.\r\nSedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 82,61% (baik), atau\r\nmengalami peningkatan sebesar yang signifikan. Dengan demikian dapat\r\ndikatakan pada siklus II ini ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah\r\ntercapai."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410240"^^ . "SWADESA MARAHINTI"^^ . "NIM. 12410240 SWADESA MARAHINTI"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Text)"^^ . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Text)"^^ . . . "12410240_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)\r\nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI\r\nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH\r\nDARUSSALAM PRABUMULIH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20222 \n\nPENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) \nDALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI \nKELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH \nDARUSSALAM PRABUMULIH\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .