@phdthesis{digilib20223, month = {March}, title = {IMPLIKASI MANAJEMEN DIRI SISWA PENGURUS IPM KELAS XI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12410258 INDRI HASTUTI}, year = {2016}, note = {Drs. Nur Hamidi, M.A}, keywords = {manajemen diri, motivasi belajar PAI.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20223/}, abstract = {INDRI HASTUTI. Implikasi Manajemen Diri Siswa Pengurus IPM Kelas XI dalam Membangun Motivasi Belajar PAI Di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen diri siswa pengurus IPM Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul dalam membangun motivasi belajar PAI. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas XI yang menjadi pengurus IPM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan analisis induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Manajemen diri siswa pengurus IPM Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul sudah baik, hal tersebut dapat dilihat dengan adanya langkah-langkah manajemen diri dalam mencapai tujuan hidupnya. Adapun yang menjadi pedoman langkah-langkah manajemen diri untuk mencapai kesuksesan meliputi belajar bertanggungjawab, melakukan inovasi, belajar dari kesalahan, memiliki keterampilan dalam melakukan hubungan interpersonal, meningkatkan keterampilannya serta mampu mengukur keberhasilan dan kegagalan. (2) Langkah-langkah manajemen diri siswa pengurus IPM Kelas XI dalam membangun motivasi belajar PAI dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: belajar bertanggungjawab ditandai siswa termotivasi untuk tekun menghadapi tugas, melakukan inovasi ditandai siswa termotivasi ingin mendalami bahan atau bidang pengetahuan yang diberikan dan mengejar tujuan-tujuan jangka panjang, belajar dari kesalahan ditandai siswa termotivasi untuk ulet dalam menghadapi kesulitan, keterampilan melakukan hubungan interpersonal ditandai siswa termotivasi untuk menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah, meningkatkan keterampilan ditandai siswa termotivasi untuk tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi, dan mengukur keberhasilan dan kegagalan ditandai siswa termotivasi untuk selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin.} }