TY - THES N1 - Drs. H. Rofik, M.Ag. ID - digilib20225 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20225/ A1 - NAZILATUS SYUKRIYAH, NIM. 12410260 Y1 - 2016/03/28/ N2 - NAZILATUS SYUKRIYAH. Implementasi Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Songserm Islam Seksa Pattani Thailand. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fajultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Songserm Islam Seksa Pattani Thailand, didalamnya mencakup pelaksanaan, hasil serta kelebihan dan kelemahan pelaksanaan pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran PAI di Sekolah Songserm Islam Seksa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan berdasarkan tujuannya termasuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi,melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan pola berfikir induktif dengan menarik kesimpulan yang bersifat umum dari fakta ? fakta khusus yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Songserm Islam Seksa dilakasanakan secara terpisah, guru mempertimbangkan kecocokan dengan materi pembahasan dan ketersediaan pendukung dalam memilih penggunaan pendekatan tersebut. Dalam membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik, guru berpedoman pada tiga prinsip pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran yakni Active learning, assesment dan diversity. Dalam penerapan pendekatan Kontekstual, guru berpegang pada tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual yakni constructivism, inquiry, questioning, learning community, modeling, reflection serta authentic assesment. Penilaian dengan authentic assesment juga digunakan dalam tindak lanjut pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik. (2) Hasil penerapan pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Songserm Islam Seksa dapat membuat peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran, aktif dan pembelajaran berlangsung efektif. (3) Kelebihan pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Songserm Islam Seksa yakni meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa, memanfaatkan berbagai fasilitas sekolah yang kurang dikembangkan dan mendukung hasil belajar siswa. Adapun kekurangannya yakni terbatasnya alokasi waktu belajar setiap pertemuan, kegiatan pembuka yang kurang dikembangkan, masih menunjukkan kesenjangan tingkat keaktifan siswa di dalam kelas dan tidak dapat diterapkan pada kegiatan setoran hafalan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SEKSA PATTANI THAILAND AV - restricted ER -