<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)"^^ . "Arfan Sodik (12410267). Pembelajaran Fiqih tentang Isu-isu Krusial\r\n“Kesetaraan Gender” (Studi Kasus Kelas XI di MAN Lab UIN) 2015/2016. Skripsi.\r\nYogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan\r\nUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Latar belakang penelitian ini adalah,MAN\r\nLab UIN Yogyakarta sebagai sekolah agama yang menonjol dengan segudang\r\nprestasinya, dan yang mempunyai motto “prestasi menjadi tradisi”. Walaupun peserta\r\ndidiknya kebanyakan perempuan dan dalam pembelajaranpun harus mempunyai rasa\r\nkesetaraan yang sama. Apalagi kelas XI yang sedang mengalami perkembangan diri\r\ndan proses mencari jati diri,sehingg untuk meningkatkan sikap kesetaraan antar\r\nsesama perlu adanya bimbingan dan pembelajaran fiqih yang tepat. Oleh karena itu,\r\npenelitian ini mengkaji tentang pembelajaran fiqih tentang isu-isu krusial “kesetaraan\r\ngender” kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran\r\nfiqih dan implikasi kesetaraan perspektif peserta didik terkait tentang kesetaraan\r\ngender.\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan\r\nPsikologi Pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi,\r\ndan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan\r\npenyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Pengambilan\r\nsampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek dalam\r\npenelitian ini adalah Guru Fiqih dan peserta didik kelas XI.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Materi yang berkaitan dengan\r\nkesetaraan gender meliputi: kepemimpinan wanita, hakim wanita, pinangan dari\r\npihak wanita,pembagian harta warisan, zina dan pembunuhan Didalam materi\r\ntersebut terkait kesetaraan gender, bahwasannya laki-laki dan perempuan mempunyai\r\nhak yang sama tanpa membedakan jenis kelamin atau gendernya. (2) metode dan\r\nstrategi pembelajaran dalam fiqih terkait kesetaraan gender pada kelas XI dapat\r\ndisimpulkan ada beberapa metode yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok,\r\npresentasi, jigsaw learning. Metode dan strategi menjadi penting dalam pembelajaran\r\nkarena akan mempengaruhi dalam proses dan akan berefek pada hasil serta pada\r\nsikap peserta didik yang diharapkan. (3) implikasi proses pembelajaran fiqih tentang\r\nkesetaraan gender terhadap perspektif peserta didik. Dalam kegiatan proses\r\npembelajaran akan berefek pada cara pandang peserta didik dan akan dirasakan oleh\r\npeserta didik tentang sesuatu yang diterima oleh peserta didik. Dalam materi yang\r\nberkaitan dengan kesetaraan gender ini sangat bagus bagi peserta didik, yang\r\nnantinya akan meningkatkan rasa toleransi yang tinggi pada peserta didik, karena cara\r\npandang terhadap kesetaraan gender secara gamblang dan jelas tanpa menimbulkan\r\nsalah tafsir ataupun salah faham. Sikap saling menghargai akan tumbuh dan sikap\r\nselalu menjunjung tinggi kesamaan serta peserta didik laki-laki maupun peserta didik\r\nperempuan mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam hal apapun tanpa\r\nmembedakan satu sama lain."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410267"^^ . "ARFAN SODIK"^^ . "NIM. 12410267 ARFAN SODIK"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . "12410267_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG\r\nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER”\r\n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20226 \n\nPEMBELAJARAN FIQIH TENTANG \nISU-ISU KRUSIAL “KESETARAAN GENDER” \n(STUDI KASUS KELAS XI DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .