eprintid: 2023 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/23 lastmod: 2012-05-04 16:41:58 status_changed: 2012-05-04 16:41:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Durotul Anafiyah NIM. 05410097, title: PENGEMBANGAN RANAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS XI AKSELERASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Active Learning note: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag. abstract: ABSTRAK Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat mengembangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa kelas XI Akselerasi SMA Negeri 3 Yogyakarta semester ganjil tahun ajaran 2007/2008 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom action research) dengan mengambil latar kelas XI Akselerasi SMA Negeri 3 Yogyakarta. Dengan mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan dokumentasi. Penelitian tindakan ini dilakukan sampai dengan tiga siklus. Strategi yang diterapkan pada penelitian tindakan ini adalah everyone is a teacher here, index card macth, acting out, card short, go to your post, role models, crozzword puzzle yang semuanya terdapat dalam Active Learning. Sedangkan media yang digunakan pada setiap siklus bervariasi menyesuaikan strategi yang diterapkan. Pengukuran kemampuan siswa dilakukan sesuai ranah pembelajaran yaitu ranah kognitif (post test), afektif (angket minat siswa) dan psikomotorik (Kegiatan fisik Siswa) yang diperoleh dari sekor rata-rata kelas dalam tiap siklus, adalah siklus I : ranah kognitif = 58.70, ranah afektif = 31.30 ranah psikomotorik = 67.83, siklus II : ranah kognitif = 79.57, ranah afektif = 36, ranah psikomotorik = 80.87, siklus III: ranah kognitif = 92.17, ranah afektif = 43.82, ranah psikomotorik = 96.96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan active learning dapat mengembangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa serta memberikan siswa kemudahan dalam memahami materi pelajaran dibandingkan dengan cara biasa yaitu ceramah dan mencatat, hal ini ditunjukkan hasil kognitif dan psikomotorik selalu meningkat pada tiap siklus, sedangkan afektif (sikap siswa) memberikan sikap sangat positif. date: 2009-05-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-06 14:13:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--durotulana-1727-1-durotul-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--durotulana-1727-1-durotul-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2105 ; nama file lama : DUROTUL ANAFIYAH 05410097 PENGEMBANGAN RANAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IX AKSELERASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 899272 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-06 14:13:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--durotulana-1727-1-durotul-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--durotulana-1727-1-durotul-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2105 ; nama file lama : DUROTUL ANAFIYAH 05410097 PENGEMBANGAN RANAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IX AKSELERASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 899272 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Durotul Anafiyah NIM. 05410097, (2009) PENGEMBANGAN RANAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS XI AKSELERASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.