<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN)"^^ . "Sebagian perempuan mengalami tindakan kekerasan. Kekerasan itu beraneka\r\nragam, mulai dari pemerkosaan, pelecehan seksual hingga kekerasan dalam rumah\r\ntangga. Kekerasan hanya salah satu bentuk ketidakadilan gender. Ketidakadilan ini\r\nironisnya terjadi di negara muslim terbesar di dunia. Pelaku kekerasan terhadap\r\nperempuan antara lain, teman sebaya, tetangga, saudara, orang yang baru dikenal\r\ndan orang tua sendiri. Ada sebuah karya sastra yang di tulis oleh Habiburrahman El\r\nShirazy berjudul Ayat-Ayat Cinta. Novel ini tidak secara khusus bercerita tentang\r\nperempuan, namun di dalamnya terdapat penggalan-penggalan kisah perempuan\r\nyang mendampingi tokoh utama (Fahri). Keistimewaan perempuan-perempuan\r\nyang mengelilingi Fahri adalah dari berbagai suku, bangsa dan dari latar belakang\r\npendidikan yang berbeda.\r\nGender adalah sebuah konstruksi sosial yang dilekatkan pada laki-laki dan\r\nperempuan. Konstruksi gender bisa dipertukarkan, seperti perempuan yang lemah\r\ngemulai dapat dilekatkan pada laki-laki. Contoh lain pekerjaan perempuan di\r\nrumah seperti memasak, mencuci dan menyapu dapat dilakukan oleh laki-laki.\r\nKetidakadilan gender sesungguhanya lahir dari sebuah anggapan-anggapan\r\nnegatif, seperti adanya anggapan perempuan nantinya akan mengurusi sumur,\r\nkasur dan kasur maka orang tua di Jawa tidak memperhatikan pendidikan anak\r\nperempuan. Contoh lain, karena perempuan itu lemah maka laki-laki melakukan\r\nkekerasan pada perempuan. Menurut Mansour Fakih, bentuk-bentuk ketidakadilan\r\ngender adalah subordinasi, marginalisasi, streotype, kekerasan dan beban kerja\r\nganda. Agama menurut Peter L Berger adalah alat legitimasi yang kuat dan efektif.\r\nAgama yang terkonstruksi dalam diri penganutnya sesuai dengan yang\r\npenafsirannya. Sehingga konstruksi sosial ini sesuai dengan pemahaman orang\r\ntersebut terhadap nilai-nilai keagamaan.\r\nTokoh utama (Fahri) dalam novel Ayat-Ayat Cinta membela perempuan yang\r\nmengalami ketidakadilan gender. Fahri menolong Noura yang diseret, ditendang\r\ndan usir oleh Tuan Bahadur dan menolong Aisha yang mengalami kekerasan\r\nverbal dari penumpang metro. Selain itu Fahri tidak mengabaikan perasaan Aisha\r\nsaat diminta oleh Madame Nahed untuk menikahi Maria. Fahri juga berusaha\r\nmenyenangkan Aisha dengan cara tidak memaksa Aisha mengikuti standar\r\nhidupnya yang sangat sederhana.Fahri memberikan kesempatan pada Aisha\r\nmengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Habiburrahman El Shirazy memandang\r\npoligami hanya sebagai jalan keluar untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan.\r\nLebih lanjut El Shirazy mangatakan kemunculan poligami dalam novel Ayat-Ayat\r\nCinta adalah usahanya menempatkan poligami pada posisinya. Konstruksi sosial\r\nlainya yang berusaha dibangun oleh El Shirazy adalah menempatkan perempuan\r\npada posisi mulia. Ibu yang telah melahirkan anak didengarkan dan dijalankan\r\nnasihatnya. Selain itu seorang ibu harus dihormati. Perempuan yang teraniaya\r\ndilindungi, artinya perempuan harus diperlakukan tanpa kekerasan. Istri harus\r\ndipergauli dengan baik dan juga kehormatannya dijaga oleh suami.Kehormataan\r\nistri lebih tinggi dibandingkan dengan kehormatan suami."^^ . "2015-12-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09540028"^^ . "ADI WIDODO"^^ . "NIM. 09540028 ADI WIDODO"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Text)"^^ . . . . . "09540028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Text)"^^ . . . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20241 \n\nKONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA (PERSPEKTIF KEPENGARANGAN)\n\n" . "text/html" . . . "Sosiologi Agama"@en . .