<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender)"^^ . "Media massa berperan dalam perubahan pola pikir dan konstruksi\r\nmasyarakat. Media yang digunakan, baik media elektronik maupun cetak\r\nmemberikan informasi dan pengetahuan yang terus berkembang. Salah satu\r\nbentuk informasi dapat tersampaikan melalui iklan. Iklan merupakan sarana\r\npenyampai pesan dari produsen kepada calon konsumen. Iklan dalam majalah\r\nFemina dan Kartini memberikan informasi persuasif yang mengandung tanda.\r\nIklan menggunakan perempuan sebagai model sehingga tercipta konstruksi yang\r\nmenimbulkan ketidakadilan gender. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki\r\nrumusan masalah tentang representasi perempuan dalam iklan dilihat dari teori\r\nsemiotika dan bagaimana bentuk konstruksi gender dalam iklan majalah Femina\r\ndan Kartini.\r\nMetode penelitian menggunakan library research dengan data primer\r\nberupa iklan yang ada dalam majalah Femina dan Kartini serta data sekunder\r\nyang diperoleh dari website, buku dan artikel. Dalam proses analisis peneliti\r\nmenggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce dengan mengamati tanda\r\nyang terdapat dalam ikon, indeks, simbol. Untuk mengetahui bentuk-bentuk\r\nketidakadilan gender dalam iklan peneliti menggunakan analisis gender milik\r\nMansour Fakih tentang bentuk-bentuk ketidakadilan gender yaitu marginalisasi,\r\nsubordinasi, kekerasan, stereotipe dan beban ganda.\r\nHasil kajian dari penelitian ini yaitu terdapat representasi perempuan dan\r\nkonstruksi gender dalam iklan, representasi perempuan dalam iklan di antaranya\r\ndi antaranya Ikon manusia (sosok laki-laki dan perempuan), cara dan jenis\r\nberpakaian (keidentikan pakaian yang digunakan untuk laki-laki dan perempuan),\r\nbackground (setting penampilan iklan). Indeks berupa susunan huruf (komukasi\r\nmelalui tulisan merk) dan tanda tangan (model iklan). Simbol hadir dalam bentuk\r\nsimbol pakaian (kesepakatan) dan simbol media massa (akses informasi).\r\nKonstruksi dan ketidakadilan gender dalam iklan berupa perempuan yang\r\nmemikirkan cantik di posisi nomor duakan (subordinasi), perempuan alat\r\nkomersial untuk menarik perhatian dan penyampai pesan (streotipe), perempuan\r\nmemikirkan kecantikan sebagai objek dikesampingkan untuk pendukung dalam\r\niklan (subordinasi), lekuk tubuh dan cara berpakaian patut dipertontonkan\r\n(kekerasan), bentuk emosi kasih sayang perempuan (beban kerja ganda),\r\ngambaran perempuan berhubungan dengan urusan seks dan merias diri\r\n(stereotipe).\r\nKata Kunci : Representasi, Analisis Media, Konstruksi dan Ketidakadilan Gender"^^ . "2016-03-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12540094"^^ . "UMI MUNIROH"^^ . "NIM. 12540094 UMI MUNIROH"^^ . . . . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Text)"^^ . . . . . "12540094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Text)"^^ . . . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20281 \n\nPEREMPUAN DALAM IKLAN DI MAJALAH FEMINA DAN KARTINI (Analisis Semiotika Berperspektif Gender)\n\n" . "text/html" . . . "Sosiologi Agama"@en . .