%0 Thesis %9 Skripsi %A YAYAH KHOERIYAH NIM: 04451088, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ %D 2009 %F digilib:2029 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Lingkungan, Model, The great wind blows, Kognitif, Afektif, MAN Pakem. %T PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE GREAT WIND BLOWS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATERI POKOK EKOSISTEM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2029/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas X semester II MAN Pakem Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008 dan untuk mengetahui apakah pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows siswa dapat lebih tertarik dan merasa senang dalam belajar Biologi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian pre-test dan post-test kontrol grup. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas X MAN Pakem Sleman Yogyakarta yang terdiri atas tiga kelas dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XB (sebagai kelas kontrol) dan (XC sebagai kelas eksperimen).Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pre-test dan post-test, lembar observasi aspek afektif siswa dalam pembelajaran Biologi dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis data untuk hasil belajar kognitif siswa menggunakan uji ’’t’’ antar kelompok sedangkan analisis data untuk hasil belajar afektif siswa dan tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa, hal ini telihat dari hasil uji ’’t’’ antar kelompok eksperimen dan kontrol yaitu thit (2.822) ttab (2.007) dan afektif siswa secara umum menunjukkan hasil belajar yang baik sekali 79, 31℅ (23 orang), baik 20,68℅ (6 orang) dan 0℅ (0 orang) memiliki hasil belajar afektif rendah dan sedang, hasil belajar afektif ini meliputi sikap siswa yang baik terhadap orang lain seperti terhadap teman sekelas dan guru serta sikap siswa terhadap lingkungan sekitar. Pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows juga dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan senang dalam belajar Biologi. Hasil tanggapan siswa secara umum adalah 55, 17℅ (16 orang) termasuk ke dalam kategori senang, 44,82℅ (13 orang) termasuk ke dalam kategori cukup senang dan 0℅ (0 orang) termasuk ke dalam kategori tidak senang. %Z Pembimbing : Satino, M.Si.