eprintid: 2029 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/29 lastmod: 2012-05-04 16:41:59 status_changed: 2012-05-04 16:41:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YAYAH KHOERIYAH NIM: 04451088, title: PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE GREAT WIND BLOWS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ispublished: pub full_text_status: none keywords: Lingkungan, Model, The great wind blows, Kognitif, Afektif, MAN Pakem. note: Pembimbing : Satino, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas X semester II MAN Pakem Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008 dan untuk mengetahui apakah pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows siswa dapat lebih tertarik dan merasa senang dalam belajar Biologi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian pre-test dan post-test kontrol grup. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas X MAN Pakem Sleman Yogyakarta yang terdiri atas tiga kelas dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XB (sebagai kelas kontrol) dan (XC sebagai kelas eksperimen).Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pre-test dan post-test, lembar observasi aspek afektif siswa dalam pembelajaran Biologi dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis data untuk hasil belajar kognitif siswa menggunakan uji ’’t’’ antar kelompok sedangkan analisis data untuk hasil belajar afektif siswa dan tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa, hal ini telihat dari hasil uji ’’t’’ antar kelompok eksperimen dan kontrol yaitu thit (2.822) ttab (2.007) dan afektif siswa secara umum menunjukkan hasil belajar yang baik sekali 79, 31℅ (23 orang), baik 20,68℅ (6 orang) dan 0℅ (0 orang) memiliki hasil belajar afektif rendah dan sedang, hasil belajar afektif ini meliputi sikap siswa yang baik terhadap orang lain seperti terhadap teman sekelas dan guru serta sikap siswa terhadap lingkungan sekitar. Pendekatan lingkungan dengan menggunakan model the great wind blows juga dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan senang dalam belajar Biologi. Hasil tanggapan siswa secara umum adalah 55, 17℅ (16 orang) termasuk ke dalam kategori senang, 44,82℅ (13 orang) termasuk ke dalam kategori cukup senang dan 0℅ (0 orang) termasuk ke dalam kategori tidak senang. date: 2009-05-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-06 14:42:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--yayahkhoer-1733-1-yayahkh-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--yayahkhoer-1733-1-yayahkh-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2110 ; nama file lama : YAYAH KHOERIYAH 04451088 PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE GREAT WIND BLOWS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATERI POKOK EKOSISTEM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1232886 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-06 14:42:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--yayahkhoer-1733-1-yayahkh-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--yayahkhoer-1733-1-yayahkh-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2110 ; nama file lama : YAYAH KHOERIYAH 04451088 PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE GREAT WIND BLOWS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATERI POKOK EKOSISTEM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1232886 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: YAYAH KHOERIYAH NIM: 04451088, (2009) PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE GREAT WIND BLOWS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.